Selesai Belajar di Amerika, Walikota Haryadi Suyuti Segera Terapkan Ilmu

25 Oktober 2013 09:30 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Walikota Jogja Haryadi Suyuti sudah tiba di Jogja, pada Senin (21/10/2013) malam, usai mengikuti kegiatan kelas eksekutif untuk bupati dan walikota di Harvard Kennedy School of Government, Amerika Serikat.

Haryadi tiba dengan menumpang pesawat pada penerbangan terakhir. Tetapi, sesampai di Jogja, Haryadi tidak langsung ngantor.

Orang nomor satu di Kota Jogja itu langsung disibukkan dengan acara pernikahan putri Sultan GKR Hayu dan KPH Notonegoro. Dalam acara tersebut, Haryadi bersama dengan kepala daerah lain sibuk menjadi among tamu.

Ditemui wartawan di sela-sela rapat koordinasi dengan DPRD Jogja, Haryadi mengaku, selama mengikuti kegiatan kelas eksekutif untuk bupati dan walikota banyak hal yang didapatkannya.

"Di sana kami belajar mengenai tata kelola pemerintahan. Di mana ada tiga hal yang jadi pokok yakni leadership, publik manajemen dan good government," katanya.

Tiga hal tersebut, lanjut dia, ke depan akan bermanfaat untuk kemajuan Kota Jogja. Setelah menjalani kursus tersebut, dirinya mengaku akan segera menerapkan konsep yang ada dalam pemerintahannya.

"Selama ini Kota Jogja sudah on the track. Tinggal mempercepat proses saja. Strategi-strategi ke depan seperti yang saya dapatkan bakal segera saya terapkan," terangnya.

Namun dibalik kepergian Haryadi ke Amerika, tidak banyak warga yang tahu jika selama menjalani pendidikan di sana, Haryadi tidak sendirian. Bersama dengan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Haryadi ternyata membawa bawahannya.

Jika Airin membawa ajudannya, Haryadi memilih membawa Kepala Bidang Pengendalian Evaluasi dan Laporan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja, Wahyu Handoyo.

Ketika dikonfirmasi masalah tersebut, Haryadi sendiri enggan menjawab.