Advertisement

PEMILU 2014 : KPU Gunungkidul Temukan 800 Pemilih Ganda

Redaksi Solopos
Minggu, 27 Oktober 2013 - 20:50 WIB
Nina Atmasari
PEMILU 2014 : KPU Gunungkidul Temukan 800 Pemilih Ganda DATA PEMILIH -- Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo memasukkan data penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) sebagai persiapan menjelang Pilkada 2010, di Kantor KPU, Manahan, Solo, Jumat (6 - 11). Data tersebut nantinya untuk pencocokan dan penelitian pemutakhiran data pemilihan sementara, serta bimbingan teknis Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul masih menemukan pemilih ganda sebanyak 800 orang dalam daftar pemilih tetap.

Ketua KPU Gunungkidul Moh Zaenuri Iksan mengatakan berdasarkan pencermatan kembali daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan pada 13 Oktober 2013 yang jumlahnya 594.599 pemilih, masih ditemukan adanya pemilih ganda sebanyak 800 orang.

Advertisement

"Setelah ada surat edaran dari KPU pusat, kami langsung melakukan pendataan ulang DPT untuk menanggulangi kesalahan data. Semoga bisa teratasi secepatnya. Kami akan segera melakukan penetapan kembali, sebelum 2 November," kata Ikhsan, Minggu (27/10/2013).

Dalam melakukan pendataan ulang, kata dia, pihaknya tidak menemui kendala yang berarti. DPT yang ada dicermati kembali satu per satu.

"Kami optimistis selesai tepat waktu, bahkan DPT beberapa kecamatan sudah selesai dilakukan pencermatan," katanya.

Zainuri mengatakan data pemilih ganda terjadi karena DPT sedang merantau. Dalam pendataan sebelumnya, Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) di daerah tidak mau mengambil resiko, sehingga meski merantau tetap didaftar.

"Metode penyisiran data ganda dilakukan dari rumah ke rumah seperti sensus penduduk," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement