Advertisement

Pramuwisata Jogja Bantu Promosikan XT Square

Redaksi Solopos
Senin, 28 Oktober 2013 - 16:01 WIB
Nina Atmasari
Pramuwisata Jogja Bantu Promosikan XT Square

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap mempromosikan pasar seni dan kerajinan Jogja "XT-Square" kepada wisatawan sehingga pasar baru tersebut bisa tumbuh sekaligus menjadi tujuan wisata baru di kota pelajar ini.

"Kami memiliki 450 anggota yang semuanya akan membantu mempromosikan pasar seni dan kerajinan 'XT-Square' kepada tamu-tamu atau wisatawan yang mereka bawa," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DIY Imam Widodo, Minggu (27/10/2013).

Advertisement

Menurut dia, pasar seni dan kerajinan "XT-Square" memiliki potensi yang cukup baik untuk menjadi tujuan wisata di Kota Jogja karena lokasi yang strategis dan jenis barang yang dijual di pasar tersebut cukup diminati oleh wisatawan luar daerah.

Imam menyebut, XT-Square memiliki pangsa pasar yang baik untuk wisatawan domestik dan wisatawan dari Malaysia yang selama ini hanya mengenal Malioboro sebagai tempat berbelanja barang kerajinan.

"Hanya saja, pedagang di pasar seni dan kerajinan ini juga harus ikut berbenah. Pedagang bisa membuka semua toko yang ada sehingga wisatawan yang datang juga tidak akan kecewa," katanya.

Imam menambahkan, untuk meramaikan pasar seni dan kerajinan tersebut membutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu, sehingga pedagang juga perlu sabar.

"Sedangkan untuk manajemen pengelola XT-Square, diharapkan bisa memberikan fasilitas tambahan untuk kru bus atau wisatawan itu sendiri, misalnya toilet yang lebih banyak," katanya.

Selain akan mempromosikan pasar seni dan kerajinan, DPD HPI DIY juga memindahkan kantor sekretariatnya ke komplek XT-Square untuk memudahkan koordinasi dengan pedagang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bakal Periksa Bupati Sidoarjo Hari Ini

News
| Jum'at, 19 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement