HARI SUMPAH PEMUDA : Bupati Kulonprogo Berbagi Pengalaman Masa Muda

28 Oktober 2013 14:36 WIB Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo memberikan refleksi kepada sejumlah pemuda saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gedung Kaca, Senin (28/10/2013).

Hasto memilih cara berbagi pengalaman waktu muda untuk memberikan pesan motivasi kepada para pemuda.

Melalui sebuah slide yang ditayangkan melalui layar proyektor, Hasto memamerkan foto-foto kenangan dia sewaktu menempuh kuliah, menjadi dokter ahli kandungan sampai mencapai impian sebagai bupati.

"Ini foto saya waktu bertugas sebagai dokter di daerah pedalaman Kalimantan. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan dari sana. Kebetulan saat itu saya belum berkeluarga jadi bisa dibilang seorang pemuda," ujar Hasto sembari menunjuk foto dalam slide proyektor.

Orang nomor satu di Kulonprogo itu juga mengisahkan perjuangannya ketika era kuliah. Di bangku perguruan tinggi, dia mengaku sangat aktif berorganisasi. Sementara untuk kegiatan di luar kampus, dia membagi waktu dengan bekerja karena untuk mencukupi biaya pendidikan sendiri.

Kepada para pemuda, Hasto berpesan agar memaksimalkan kreativitas selagi usia masih muda. Dia menekankan, dari jiwa muda awal sebuah proyeksi impian itu dirancang.

"Maka akan rugi nantinya jika pemuda ini hanya diam saja tanpa melakukan kreativitas ketika masih berkesempatan menjadi pemuda. Masa muda itu hanya sekali dan tidak berulang, jadi harus dimaksimalkan sebaik mungkin," tandas dia.