Advertisement

50 Kelompok Ikut Festival Bregada Rakyat

Jumali
Jum'at, 17 Januari 2014 - 06:48 WIB
Nina Atmasari
50 Kelompok Ikut Festival Bregada Rakyat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 50 kelompok bregada dari berbagai wilayah di DIY dipastikan mengikuti dalam Festival Bregada Rakyat, Minggu (19/1/2014) mendatang.

Festival yang baru kali pertama digelar itu akan berbentuk kirab menyusuri Jalan Malioboro hingga Benteng Vredeburg.

Advertisement

Ketua Panitia Festival Bregada Rakyat Widihasto Wasana Putra menuturkan, acara itu digelar sebagai rangkaian peringatan Jogja sebagai Kota Republik dan mendukung keistimewaan DIY.

Hingga kemarin, tercatat sudah ada 30 kelompok bregada dari berbagai daerah di DIY telah mendaftarkan diri mengikuti kirab tersebut. “Besok penutupan pendaftaran sekaligus teknikal meeting. Kami optimistis 40 kelompok akan ambil bagian dalam kegiatan ini,” ujarnya, Rabu (15/1/2014).

Dia mengungkapkan, event ini diadakan didasarkan pada fenomena banyaknya kelompok-kelompok bregada di dusun dan kampung di DIY. Bregada tersebut kerap tampil untuk memeriahkan berbagai kegiatan di masyarakat.

“Festival ini sekaligus menampung kreativitas mereka. Kami juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY karena bisa menambah kunjungan wisata di Jogja,” tambahnya.

Dia menjelaskan, selain uang pembinaan dengan total nilai Rp16,6 juta, peserta dengan penampilan terbaik juga akan memperoleh tropi, di antaranya dari Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Sri Paduka Paku Alam IX dan berbagai pihak lainnya.

Adapun penilaian akan dilakukan berdasarkan berbagai kriteria, seperti kreativitas kostum yang dikenakan, aksesoris penunjang, musik pengiring, serta keselarasan cara berjalan dari seluruh anggota.

“Selain atraksi dari puluhan kelompok bregada, para pengunjung juga akan bisa melihat penampilan satu pleton pasukan Yonif 403 Wirasana Pratista,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement