Gelombang Tinggi Hantam Pantai Selatan

WASPADA GELOMBANG TINGGI YOGYAKARTASebuah perahu nelayan mencoba berlabuh usai mencari ikan di Pantai Glagah, Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (24/12). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau wisatawan yang berniat mengunjungi pantai di DIY khususnya pada libur Natal dan Tahun Baru untuk mewaspadai gelombang tinggi laut selatan yang diperkirakan mencapai lebih dari 3 meter. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Koz/nz - 13.
04 Februari 2014 16:49 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gelombang setinggi 10,5 kaki atau setinggi sekitar tiga meter menghantam Pantai Selatan, Selasa (4/2/2014).

Koordinator Search And Rescue (SAR) Korwil II Marjono menuturkan gelombang tinggi mulai terjadi pada Senin (3/2/2014) tengah malam. Gelombang meninggi hingga Selasa siang (4/2/2014).

“Namun gelombang diperkirakan mecapai puncaknya Selasa malam. Kami sudah memperingatkan para nelayan sejak Senin sore agar bisa menata kapal. Tujuannya untuk langkah antisipasi agar bisa menghindari kerusakan kapal,” papar dia, di Posko SAR Korwil II, Selasa (4/2/2014).

Namun, beberapa nelayan belum mengindahkan peringatan tersebut. Alhasil pada Selasa pagi nelayan dibantu anggota SAR Korwil II memindahkan sekitar 10 kapal yang parkirnya masih terlalu ke selatan di Pantai Baron.

“Ada satu kapal yang katirnya patah. Kerugian sekitar Rp150.000. Kondisi ini merat di seluruh pantai. Di Pantai Sepanjang, air pun sampai di warung-warung,” imbuh dia.