Gelombang Tinggi, Empat Warung di Pantai Baron Terendam

WASPADA GELOMBANG TINGGI YOGYAKARTASebuah perahu nelayan mencoba berlabuh usai mencari ikan di Pantai Glagah, Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (24/12). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau wisatawan yang berniat mengunjungi pantai di DIY khususnya pada libur Natal dan Tahun Baru untuk mewaspadai gelombang tinggi laut selatan yang diperkirakan mencapai lebih dari 3 meter. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Koz/nz - 13.
04 Februari 2014 19:50 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Di Pantai Baron Gunungkidul, gelombang tinggi merendam empat warung yang berada di daerah pasiran.

Gelombang setinggi 10,5 kaki atau setinggi sekitar tiga meter menghantam Pantai Selatan, Selasa (4/2/2014).

Keempat warung yang menjadi korban adalah milik Rahmadi, Ngadimin, Karto dan Sukimin. Penasihat Kelompok Pedagang Mitra Bahari Ngatijo menuturkan ketika gelombang tinggi, hampir pasti keempat warung tersebut terkena gelombang laut.

“Ini sudah resiko bagi pedagang di wilayah pasiran. Kerugiannya ya tidak bisa berjualan. Rata-rata setiap warung menderita kerugian Rp1,5 juta,” tutur dia, Selasa (4/2/2014).

Selain pedagang yang terkena dampak, para nelayan pun tidak berani berangkat melaut. Namun ketika gelombang sudah mulai melandai, tampak satu kapal jungkung nekat untuk melaut untuk merendet.

Dari pengamatan Harianjogja.com, ketika kapal akan keluar dari mulut Pantai Baron, kapal sempat melompati gelombang. Beruntung tekong mampu mengendalikan kapal sehingga kapal tidak terbalik.