Fly Over Jombor Dibuka dari Semua Arah untuk Ujicoba

06 Februari 2014 12:20 WIB Rima Sekarani Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Uji coba operasional fly over Jombor dilakukan selama dua hari, Rabu (5/2/2014) dan Kamis (6/2/2014).

Pada uji coba yang telah dilakukan untuk kedua kalinya tersebut, semua jenis kendaraan, baik motor dan mobil, termasuk kendaraan berat seperti bus dan truk diizinkan melintas. Uji coba kali ini lebih ditekankan pada aspek struktur dan traffic lalu lintas.

Berbeda dengan uji coba sebelumnya yang hanya berlaku untuk satu lajur, pada uji coba pada hari Rabu, Fly Over Jombor dibuka dari semua arah, baik dari arah Maguwoharjo menuju Magelang maupun jalur dari Maguwoharjo menuju Purworejo dan sebaliknya.

Uji coba hari pertama dilakukan mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Sementara pada Kamis (6/2/2014), kendaraan dapat melintasi fly over mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

"Kalau malam Fly Over ditutup karena penerangannya masih belum sempurna," ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Fly Over Jombor, Santoso, Rabu (5/2/2014).

Meski telah diuji coba hingga dua kali, Santoso mengaku pembangunan Fly Over Jombor belum sepenuhnya selesai. Jalan pendekat ke arah Magelang belum diaspal, pemasangan lampu dan rilling jalan, serta masalah pembebasan tanah untuk keperluan pelebaran jalan yang belum menemukan kesepakatan.

Ditemui beberapa saat setelah membuka jalur Fly Over Jombor, Rabu (5/2/2014), Santoso mengungkapkan, masalah pembebasan tanah yang masih mengganjal membuat Fly Over Jombor tidak berfungsi secara optimal.