Sungai Besole Meluap, Warga Gadungsari Sempat Was-Was

06 Februari 2014 05:57 WIB Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang mengguyur wilayah Wonosari dan sekitarnya membuat Sungai Besole meluap. Warga Dusun Gadungsari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari sudah was-was lantaran luapan air sungai sudah merendam jalan.

Kepala Dusun Gadungsari Sumarjono menuturkan air meluap di dua rukun tetangga yakni RT 11 RW 13 dan RT 7 RW 12. Ia mengatakan warga sudah bersiap-siap mengungsi jika hujan tidak juga reda.

“Di RT 11 RW 13 air meluap ke jalan setinggi sekitar 15 centimeter. Namun tidak semua jalan terendam. Hanya beberapa meter yang terendam,” tutur dia, Rabu (5/2/2014).

Sementara itu di RT 7 RW 12 air meluap ke jalan hingga ketinggian 50 centimeter. Namun hanya di jalan yang cekung. Beruntung luapan sungai belum masuk rumah penduduk.

Salah satu warga RT 7, Rubiyem mengaku khawatir dengan hujan deras yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Ia mengaku sudah bersiap-siap untuk mengungsi.

“Hujan reda sekitar pukul 15.00 WIB. Misal hujan terus satu jam lagi pasti sudah banjir seperti Desember lalu. Saat langit hitam dan hujan turun dengan deras, saya langsung waspada,” tutur dia.

Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin juga turut membuat pohon tumbang. Kapolsek Playen AKP Lutfi menuturkan di Desa Gading sempat ada pohon jati tumbang dan melintang ke jalan arah Wanagama.

“Pohon sudah dievakuasi. Namun, karena mengenai instalasi listrik jadi masih dalam perbaikan [instalasi listrik],” tutur dia.