PEMILU 2014 : Polres Bantul Terjunkan 991 Personel Pengamanan

Ilustrasi apel siaga (Sunaryo Haryo bayu/JIBI - Solopos)
08 Februari 2014 12:02 WIB Redaksi Solopos Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menerjunkan sebanyak sekitar 991 personel untuk mengamankan proses penyelenggaraan Pemilihan Umum 2014 di wilayah hukum setempat.

"Secara keseluruhan kami mengerahkan dua per tiga personel atau sekitar 991 orang, namun pada saat pemungutan suara kami tambah personel untuk pengamanan di kawasan tempat pemungutan suara (TPS)," kata Kapolres Bantul, AKBP Surawan di Bantul Jumat (7/2/2014).

Menurut dia, usai menggelar apel konsolidasi Operasi Mantap Brata Progo 2014 dalam rangka pengamanan Pemilu, personel yang diterjunkan tergantung tahapan-tahapan semakin banyak aktivitas kegiatan politik maka jumlah personel lebih banyak.

"Seperti pada saat kampanye terbuka nanti selain melibatkan anggota kepolisian sektor [polsek], nanti juga akan ada satgas yang disiagakan untuk pengamanan tahapan pemilu," katanya.

Dalam pengamanan pemilu, kata dia difokuskan pada semua tahapan mulai dari kampanye tertutup hingga kampanye terbuka, termasuk pengamanan logistik pemilu di Kantor KPU yang sebentar lagi surat suara akan dikirim dari pusat.

"Sedang untuk kerawanan kaitannya masalah pelanggaran pemilu kami koordinasi dengan lembega penyelenggara pemilu, dan antisipasi konflik antar pendukung perlu diwaspadai," katanya.

Berkaitan dengan kesiapan pengamanan pemilu mendatang, sebelumnya Polres Bantul telah melakukan pengecekan kesiapan kendaraan bermotor untuk operasional kesatuan dalam pengamanan tahapan hingga proses pelaksanaan pemilu.

Kapolres menyebutkan, setidaknya kendaraan yang disiapkan untuk pengamanan Pemilu meliputi kendaraan roda dua sebanyak 196 unit, kemudian kendaraan roda empat 95 unit, sementara roda enam delapan unit.