Sleman Raih Penghargaan Cinta Karya Bangsa

08 Februari 2014 16:10 WIB Rima Sekarani Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dalam memajukan potensi produk lokal mendapat penghargaan Cinta Karya Bangsa 2013 atas Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri ( P3DN).

Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu, hadir untuk menerima penghargaan di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (5/2/2014).

Ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian tersebut diikuti oleh 86 kabupaten/kota se-Indonesia. Dewan juri penghargaan P3DN memakai empat indikator penilaian, yaitu komitmen, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Pada indikator komitmen, Sleman memiliki peraturan internal institusi dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri. Sementara pada indikator pelaksanaan, telah dilakukan promosi terkait penggunaan produksi dalam negeri. Hasilnya, Sleman mendapat peringkat pertama.

Penghargaan Cinta Karya Bangsa bertujuan mendorong penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa di instansi pemerintahan. Hal itu juga memacu dunia usaha nasional untuk selalu meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) serta mutu produknya guna meraih kepercayaan konsumen.

“Penghargaan yang didapat Pemkab Sleman akan mendorong penggunaan produk dalam negeri secara maksimal dan tumbuhnya produk-produk baru dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Kepala Bidang Humas Setda Sleman, Endah S.W, Jumat (7/2).

Dia menambahkan diharapkan pula bisa memberikan teladan bagi masyarakat untuk menggunakan dan membangun kecintaan terhadap produk buatan dalam negeri.