Dua Pekan, 5 Mobil Dicuri di Gunungkidul

12 Februari 2014 11:30 WIB Ujang Hasanudin Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pencurian kendaraan roda empat mulai marak di Gunungkidul akhir-akhir ini. Sudah lima mobil berbagai jenis hilang dicuri yang diduga kawanan pencuri spesialis pencurian mobil.

Kasus terakhir Selasa (11/2/2014) dini hari, pukul 03.30 WIB. Mobil Toyota Kijang Super bernomor polisi AB 1274 CK milik Surati, hilang saat diparkir di samping rumahnya di Dusun Wotgaleh, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar.

Kanit Reskrim Polsek Nglipar Ajun Inspektur Polisi Satu Ngatimin mengatakan, pencuri yang diperklirakan lebih dari satu orang diduga menggunakan kunci duplikat.
Sebelum dicuri, mobil kijang keluaran tahun 1996 itu, kata Ngatimin, oleh pemiliknya sudah dicopot pada bagian busi dan akinya. “Niatnya pemilik mencopot busi dan aki untuk antisipasi pencurian tapi mobil itu malah dicuri,” kata Ngatimin.

Menurut Ngatrimin, pencurian itu sangat cepat. Sebabnya, polisi sempat melakukan patroli di sekitar lokasi pencurian mobil sekitar pukul 02.00 WIB. “Pukul 03.30 WIB mobil sudah tidak ada,” ujar Ngatimin.

Sehari sebelumnya, Senin (10/2/2014), pukul 04.00 WIB, mobil Pikap bernomor polisi AB 8083 CD milik Taslim, 60, warga Dusun Tanggulangin, Desa Genjahan, Ponjong, juga raib dicuri. Pikap seharga Rp120 juta itu baru diketahui hilang di dalam garasi saat akan digunakan ke pasar oleh pemiliknya.

Selasa (4/2/2014), mobil Daihatsu Grandmax DK 9864 FO seharga Rp96 juta milik Arif Wisanto, 37, warga Pangkah, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, hilang di rumahnya, pukul 06.00 WIB.

Dua pekan lalu, Sabtu (25/2/2014) dini hari, dua mobil di Kecamatan Karangmojo pun hilang. Pertama, mobil dinas Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dushubkominfo) Gunungkidul, Sunarjo, hilang dicuri saat diparkir di garasi rumah pribadinya di Dusun Gedangan I, Desa Gedangrejo. Mobil Isuzu Panther AB 8196 CD itu baru diketahui hilang pukul 04.30 WIB.

Saat bersamaan mobil Mitsubishi L300 bernomor polisi AB 1250 XX milik Sugeng Riyadi, juga hilang. Jarak antara rumah Sunarjo dan Sugeng Riyadi hanya terpaut sekitar 1 kilomter.

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi faried Zulkarnaen mengemukakan, sederet pencurian mobil yang marak akhir-akhir ini diduga dilakukan oleh sekelompok orang yang masih dalam satu jaringan.

Dari hasil identifikasi polisi, pelaku juga memiliki pendah khusus di wilayah luar DIY. “Kita sudah mengantongi ciri-ciri pelaku, semoga dalam waktu dekat kami dapat menangkap pelaku,” tegas Faried.

Selain fokus menangkap pelaku, Faried juga sudah mengintensifkan patroli malam hari di perbatasan-perbatasan Gunungkidul. Farid menghimbau kepada masyarakat untuk menggiatkan kembali siskampling.