PEMILU 2014 : Polres Bantul dan Parpol Ikrar Pemilu Damai

13 Februari 2014 16:54 WIB Redaksi Solopos Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama partai politik peserta Pemilu 2014 mendeklarasikan kampanye damai dalam rangka menyampaikan visi-misi politik menjelang pemungutan suara.

"Deklarasi ini sebagai niat baik agar semua peserta pemilu bisa melakukan kampanye damai menjelang Pemilu," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul, Ajun Komisaris Besar Polisi Surawan usai deklarasi kampanye damai, Kamis (13/2/2014).

Dengan adanya deklarasi kampanye damai ini, kata Kapolres, diharapkan para elemen partai politik selalu menjaga ketertiban dan situasi kondusif serta menjaga simpatisan agar terkondisikan dengan baik menjelang pemungutan suara April.

Sementara dalam deklarasi yang digagas Polres Bantul itu terdapat tiga dari 12 parpol peserta Pemilu 2014 yang tidak menghadiri penandatangan deklarasi kampanye damai, yakni Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Menanggapi hal itu, Kapolres mengatakan pihaknya belum mengetahui alasan beberapa partai tersebut tidak hadir, meski begitu pihaknya tidak mempermasalahkan ketidakhadiran karena deklrasi ini memang sifatnya sukarela.

"Ada beberapa parpol yang tidak hadir dalam deklarasi, namun karena sifatnya sukarela saja, tidak ada keharusan dan paksaan, maka tidak ada konsekuensi hukum maupun sanksi bagi parpol yang tidak hadir," katanya.

Meski begitu, kata Kapolres, jika nantinya dalam kampanye peserta pemilu terdapat pelanggaran yang mengarah pada tindak pidana pemilu, pihaknya akan tetap memproses secara hukum dengan berkoordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu.

"Sudah ada aturan sendiri-sendiri baik masalah pemilu juga kampanye sudah diatur, dan kalau ada pelanggaran atau tidak sesuai ketentuan kami akan proses, jadi deklarasi ini tidak ada konsekuensi hukum," katanya.

Menurut dia, untuk pengamanan pemilu 2014 pihaknya menerjunkan kekuatan dua per tiga dari personel Polres atau sebanyak 997 personel, sementara untuk pelaksanaan pemungutan suara, rencanananya akan disiagakan sebanyak 1.027 personel.

Dalam deklarasi kampanye damai bagi peserta pemilu 2014, selain dihadiri lembaga penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) juga dihadiri Bupati Bantul, Sri Surya Widati.

Bupati Bantul, Sri Surya Widati berpesan kepada partai politik agar menggunakan cara-cara yang baik dalam meraih dukungan, selain itu harus bisa menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga mampu membuat rakyatnya cerdas.