Hujan Abu, Pemilihan Kepala Desa di Sleman Jalan Terus

15 Februari 2014 12:36 WIB Rima Sekarani Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan abu vulkanik sebagai dampak letusan Gunung Kelud di Jawa Timur, Kamis (13/2/2014), dipastikan tidak membatalkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Sleman 2014 yang bakal digelar Minggu (16/2/2014).

Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah panitia pilkades, seperti di Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak dan Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan.

Panitia Pilkades Umbulmartani Heri Sasmita mengatakan, logistik untuk pilkades tetap didistribusikan ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) pada Sabtu (15/2/2014). Agenda lainnya pun juga tetap dijalankan sesuai rencana.

“Pilkades tetap jalan. Hari ini agendanya penyampaian visi-misi dan kampanye dialogis para calon. Jumat sore surat suara juga sudah selesai dan kami terima,” papar Heri Sasmita, Jumat (14/2/2014).

Panitia Pilkades Wukirsari, Ruswantoro, juga mengungkapkan hal sama. Menurutnya, pada Jumat pagi tetap dilaksanakan penetapan calon kepala desa.

“Besok sore [Sabtu] logistik sudah disebar. Semuanya tetap berjalan sesuai agenda yang telah ditentukan,” terang Ruswantoro.

Kendati demikian, tidak dipungkiri bahwa hujan abu sangat mengganggu jalannya persiapan pilkades. Di Wukirsari, abu vulkanik menyebabkan jumlah masyarakat yang datang ke lokasi kampanye dialogis sangat sedikit.

“Hujan abu vulkanik cukup mengganggu, misalnya dalam agenda kampanye dialogis dan penyampaian visi misi hari. Masyarakat yang datang untuk kampanye dialogis sangat sedikit. Cuma sekitar 300 orang yang hadir,” ujar Ruswantoro.

Padahal dia mengharapkan seluruh warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) bisa hadir.

Di Desa Umbulmartani, hujan abu yang terjadi pada Jumat pagi membuat jadwal kampanye dialogis sempat mundur. “Seharusnya tadi pagi pukul 09.00 WIB, tapi baru bisa digelar sore ini,” kata Heri Sasmita.

Undangan untuk warga dijadwalkan sampai ke pemilih pada H-3. Artinya, sejak Kamis (13/2/2014), seluruh undangan seharusnya sudah selesai didistribusikan. Terkait undangan, baik panitia Pilkades Wukirsari maupun Umbulmartani mengaku telah selesai menyebar undangan.

“Undangan sudah diedarkan. Khusus yang belum ketemu orangnya, bisa diambil di KPPS [Kelompok Panitia Pemungutan Suara],” kata Ruswantoro.