Advertisement

Granat Berkarat Gegerkan Seyegan

Sunartono
Sabtu, 15 Februari 2014 - 12:42 WIB
Nina Atmasari
Granat Berkarat Gegerkan Seyegan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Warga Dusun Klaci II, Desa Margoluwih, Kecamatan Seyegan, Sleman, digegerkan adanya penemuan dua granat, Jumat (14/2/2014) sore. Temuan itu langsung ditangani Unit Jibom, Detasemen Gegana, Brimob Polda DIY.

Informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian, temuan berawal saat Panut, 60, warga RT 02, Klaci tengah mencari akar pohon di sebuah pekarangan di dusun setempat.

Advertisement

Sekitar pukul 15.30 WIB, Panut menggali tanah untuk mendapatkan akar pohon. Baru beberapa menit menggali dengan kedalaman sekitar 30 meter, tiba-tiba ia menemukan benda aneh.

Setelah dilihat ada dua benda yang belakangan diketahui sebagai granat nanas itu di dalam lubang. Panut sempat mengangkat kemudian meletakkan benda itu di dekat lubang temuan dan memberitahukan tetangga sekitarnya.

Satu granat berukuran besar dan satu lagi kecil. Adapun kondisi granat sudah berkarat, diduga merupakan peninggalan jaman penjajahan Belanda.

Kendati demikian, warga yang merasa khawatir granat akan meledak segera melaporkan temuan itu ke Mapolsek Seyegan. Sementara ratusan warga Seyegan sempat memadati area temuan sebelum aparat kepolisian datang.

Kapolsek Seyegan, AKP ATS Gultom menjelaskan, untuk melakukan pengamanan anggotanya langsung mensterilkan lokasi dengan memasang garis polisi di sekitar titik temuan granat. Warga yang melihat diminta untuk tidak mendekati area tersebut.

"Memang ditemukan saat menggali tanah mau ambil akar pohon. Kondisinya sudah berkarat tapi tetap kami amankan sesuai SOP," terangnya, Jumat (14/2/2014) petang.

Pihaknya langsung menghubungi Detasemen Gegana Brimob Polda DIY. Kedua granat tersebut kemudian diamankan oleh Unit Jibom guna dilakukan penyelidikan untuk diledakkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement