Advertisement

Petugas Gabungan Bersihkan Abu Vulkanik di Gunungkidul

Ujang Hasanudin
Sabtu, 15 Februari 2014 - 10:56 WIB
Nina Atmasari
Petugas Gabungan Bersihkan Abu Vulkanik di Gunungkidul

Advertisement

Garianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Ratusan petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Pemkab Gunungkidul dan masyarakat turun ke jalan membersihkan abu vulkanik letusan Gunung Kelud Jawa Timur yang menempel di aspal jalan dan ruang publik, Sabtu (15/2/2014).

Pantauan Harianjogja.com, sekitar 350 petugas terlihat di Jalan di Jalan Brigjen Katamso (depan Pasar Argosari) dan Jalan Sumarwi dan Jalan Ksatrian. Petugas membersihkan abu dengan menyomrotnya menggunakan tiga unit kendaraan pemadam kebakaran dan satu unit kendaraan water cannon Polres Gunungkidul.

Advertisement

Selama proses kerja bakti membersihkan abu tersebut, arus lalu lintas ditutup dan dialihkan ke jalur lain.

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Faried Zulkarnaen mengatakan, pihaknya menerjunkan semua anggota polisi, kemudian disebar untuk membersihkan abu di jalan. Sebagian lainnya membersihkan di gedung Mapolres.

Upaya tersebut dilakukan untuk memberi kenyamanan pada masyarakat dari abu vulkanik. “Agar masyarakat yang beraktifitas merasa nyaman, khususnya tempat keramaian seperti ruang publik dan pusat perbelanjaan,” kata Faried.

Sementara itu sejumlah toko di Pasar Argosari kini sudah mulai buka kembali dan terlihat ada aktifitas jual beli seiring turunnya intensitas abu vulkanik di Gunungkidul. Hanya saja pemebli masih belum ramai.“Saya udah buka tapi belum ada yang beli,” kata Suhadi, salah satu pedang ikan Pasar Argosari.

Pedagang yang menempati kioas lantai II Pasar Argosari ini juga senang ada pembersihan abu dari jalan dan sekitar pasar sebab salah satu kendala masyarakat untuk ke pasar karena jalanan masih banyak abu. (Ujang Hasanudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement