DPU Gunungkidul Segera Bangun 4 Jembatan

15 Februari 2014 14:52 WIB Ujang Hasanudin Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul tahun ini segera membangun empat jembatan.

Keempat jembatan yang bakal dibangun tersebut adalah Jembatan Sokoliman di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo; jembatan di Dusun Ngawen, Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen; Jembatan Logandeng, Kecamatan Playen dan pelebaran jembatan di Jeruksari, Kecamatan Wonosari.

Total anggaran perbaikan jembatan tersebut Rp2,6 miliar. “Sudah mulai proses pengukuran untuk memperbaiki empat jembatan,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPU Gunungkidul, Djaka Lelana, Jumat (14/2/2014).

Disinggung soal keluahan warga Desa Banyusoco, Kecamatan Playen yang minta dibuatkan jembatan penghubung ke wilayah Bantul, Djaka mengaku belum bisa memenuhi.

Pasalnya, keuangan daerah tidak akan cukup membangun jembatan antar kabupaten. “Harus diupayakan dari pemerintah pusat,” kata Djaka.

Kepala Desa Banyusoco Sutiyono mengatakan keberadaan jembatan di perbatasan itu sangat penting untuk menunjang perekonomian. Selain itu, jalan utama Playen Banyusoco juga akan ramai.

Dia mengaku sudah tiga kali periiode kepala desa mengajukan pengadaan jembatan ke DPU maupun Bupati Gunungkidul namun belum ada tanda-tanda akan dibangun.

“Kadang-kadang memang ada yang meninjau dari dinas dan dari Universitas Gadjah Mada tapi tidak tahu kelanjutannya,” ucap Sutiyono dua pekan lalu.