Advertisement

Tak Paham Kondisi Pantai, Remaja Nyaris Tenggelam di Pantai Baron

Kusnul Isti Qomah
Senin, 17 Februari 2014 - 12:43 WIB
Nina Atmasari
Tak Paham Kondisi Pantai, Remaja Nyaris Tenggelam di Pantai Baron

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Muara sungai di Pantai Baron kembali hampir memakan korban jiwa. Wisatawan asal Boyolali, Jawa Tengah, Habib Masturi,17 nyaris tenggelam lantaran terseret arus muara, Minggu (16/2/2014).

Beruntung nyawa wisatawan tersebut masih bisa diselamatkan anggota Tim Search and Rescue (SAR) Korwil II. Situasi itu mengulangi kejadian pada Jumat (31/1). Saat itu, sepasang muda-mudi asal Magelang hampir tenggelam di lokasi yang sama dengan Habib.

Advertisement

Koordinator Tim SAR Korwil II Baron Marjono menuturkan Habib bermain air di daerah muara sungai. Lantaran tidak tahu daerah tersebut memiliki kedalaman tiga meter, pelajar itu pun nekad bermain air di area berbahaya.

“Kejadian sekitar pukul 15.00 WIB. Dia [Habib] tidak bisa berenang dan terseret arus sungai. Salah satu anggota SAR, Surono, mengetahui kejadian tersebut dan langsung memberikan pertolongan,” tutur Marjono kepada Harian Jogja, Minggu (16/2/2014).

Ketika berhasil dievakuasi korban dalam kondisi pingsan. Tim SAR langsung membawa korban ke posko dan diberikan bantuan oksigen. Setelah 10 menit, korban siuman dan kondisinya berangsur pulih.

Wakil Koordinator SAR Korwil II Baron Sukamto menambahkan selain Habib, setidaknya ada 10 wisatawan yang sempat terseret arus muara sungai di Baron pada Minggu (16/2/2014).

Namun, kondisi mereka tidak sampai pingsan. Rata-rata terseret dan langsung ditolong. Setelah ditolong pun langsung bisa melanjutkan aktivitas.

“Untuk kondisi gelombang landai namun pada pukul 12.00 WIB angin dari selatan sangat kencang dan menebarkan abu vulkanik sehingga jarak pandang sempat minim. Kondisi angin kemudian beransur landai,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement