PEMILU 2014 : Panwaslu Gunungkidul Butuh 1.500 Relawan

TARGET VALIDASI SURAT SUARAPetugas KPU bersama perwakilan KPU Daerah meneliti daftar calon legislatif dalam validasi surat suara di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (4/2). Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan validasi surat suara akan selesai dalam 3 hari ke depan, saat ini validasi surat suara tinggal pada calon legilstaif (caleg) di tingkat DPRD. ANTARA FOTO - Yudhi Mahatma
18 Februari 2014 12:26 WIB Redaksi Solopos Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Gunungkidul menargetkan 1.500 anggota relawan pengawas pemilu dan duta pengawasan pemilu.

Divisi Pengawasan Panwaslu Gunungkidul Budi Haryanto, Senin (17/2/2014), mengatakan sampai saat ini jumlah relawan dan duta pengawas pemilu barus mencapai 1.051 orang.

“Panwaslu terus membuka pendaftaran bagi warga masyarakat yang ingin menjadi relawan pemantau pemilu atau duta pengawas pemilu. Jumlah relawan semakin banyak memang semakin baik,” kata Budi.

Ia mengatakan tugas relawan pemilu adalah membantu Panwaslu mengawasi setiap tahapan pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April dan Pemilu Presiden. Dia mengatakan duta pengawas pemilu dari kalangan pelajar mempunyai tugas untuk membantu sosialisasi mengenai pemilu.

Salah satu aspek terpenting partisipasi publik terhadap keberhasilan pemilu adalah kesediaan publik untuk terlibat dalam mengawasi dan mengawal pelaksanaan seluruh tahapan pemilu.