BANDARA DIBUKA : Hercules Terbang Perdana

HarianJogja/Gigih M. HanafiPetugas melihat penerbangan pertama maskapai Garuda Indonesia tujuan Jakarta dari Bandara Adisucipto, Sleman, Rabu (19 - 2). Bandara internasional tersebut mulai beroperasi penerbangan setelah lima hari ditutup karena dampak abu Vulakanik letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.
19 Februari 2014 22:50 WIB Mediani Dyah Natalia Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sesuai rencana Bandara Internasional Adisutjipto dibuka pada Rabu (19/2/2014) pukul 12.00 WIB ditandai dengan terbangnya pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara.

Dengan dibukanya kembali Bandara Internasional Adisutjipto, General Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto Jogja Andi G. Wirson mengatakan situasi kembali normal. Namun ia belum dapat menjabarkan jumlah total pesawat yang mengudara atau mendarat kemarin.

Dalam kesempatan tersebut Andi juga masih enggan menjabarkan jumlah kerugian AP 1 Bandara Internasional Adisutjipto selama tutup lima hari. Menurut dia lebih baik upaya difokuskan melayani penumpang.

“Kerugian Bandara Adisutjipto, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, tidak dapat melayani penumpang selama lima hari,” terang dia, Rabu.

Pelaksana Harian Lanud Adisutjipto, Kolonel Bob Pangabean menyampaikan pada pembukaan perdana bandara pascahujan abu dari Gunung Kelud, pesawat Hercules menjadi pesawat pertama yang bertolak meninggalkan Base Ops Lanud Adisutjipto menuju Pangkalan Udara Abudrahman Saleh Malang.

Pesawat Hercules dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar ini seharusnya terbang menuju Halim Perdanakusuma, Jakarta. Namun pesawat militer tersebut akhirnya harus terhenti saat transit di Lanud Adisutjipto akibat hujan abu.

Lanud bersama otoritas Bandara Adisutjipto dan dibantu dengan elemen lainnya disebutnya sudah membersihkan kawasan. Sinergi ini dilakukan agar Bandara Internasional Adisutjipto segera dibuka dan melayani masyarakat,

“Isolasi yang terjadi karena akses menggunakan transportasi udara terhambat kini dapat terselesaikan dengan pembukaan bandara ini,” terangnya

Kendaraan udara milik militer yang membawa sebanyak 13 orang ini berangkat dari Lanud Adisutjipto pukul 12.00 WIB. Waktu pendaratan diperkirakan pukul 12.50 WIB.
Seusai pesawat dengan nomor penerbangan A-1316 tersebut mengudara, tidak berapa lama pesawat Mandala Air dari Jakarta, Ekspres Air dan Pekanbaru, Air Asia dari Pontianak dan maskapai lain mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto.

Maskapai penerbangan sipil yang sempat bermalam di Jogja seperti Garuda Indonesia dengan tujuan Jakarta juga melakukan take off. Baru disusul Citilink dan Wing Air.