Sultan Minta Masyarakat Hidupkan Gorong Royong

19 Februari 2014 09:11 WIB Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebuah mobil pemadam kebakaran dengan tangga hidrolis diserahkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada Bupati Sleman, Sri Purnomo, di halaman Puskesman Rawat Inap Sleman, Selasa (18/2/2014) pagi.

Selain mobil pemadam, Gubernur juga menyerahkan beberapa bantuan lain berupa alat-alat penunjang kegiatan kerja bakti seperti sekop, karung, dan gerobak sorong.

Mobil pemadam kebakaran tersebut langsung digunakan untuk menyemprot atap Puskesmas Rawat Inap Sleman dan SD Negeri Nyaen 1 yang letaknya bersebelahan. Penyemprotan juga dibantu oleh mobil water canon dari Polda DIY.

Setelah menyerahkan bantuan, Gubernur melanjutkan peninjauan ke Pasar Turi, Sleman. Pasar yang belum beroperasi akibat hujan abu vulkanik beberapa waktu yang lalu itu merupakan penggerak roda perekonomian yang penting di wilayah Turi. Diperlukan penanganan secepatnya agar kegiatan perdagangan di Pasar Turi segera pulih.

“Saya harapkan mulai besok [Rabu] sekolah, pasar, jalan protokol, dan sebagainya sudah bisa berfungsi normal, supaya ekonomi bisa berputar kembali,” kata Sri Sultan HB X di sela-sela kunjungannya.

Sultan juga mengimbau masyarakat untuk tidak hanya menunggu gerakan dari pemerintah. “Harus dihidupkan kembali gotong royong untuk mengatasi musibah yang dialami DIY kali ini,” tuturnya.