592 CPNS Bantul Bebani Anggaran Daerah

20 Februari 2014 12:00 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Beban belanja pegawai di Kabupaten Bantul dipastikan kembali membengkak menyusul diloloskannya 592 pegawai honorer Kategori II menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bantul Maman Permana menyatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) baru saja mengumumkan seleksi penerimaan CPNS yang berasal dari pegawai honorer Kategori II.

Yaitu pegawai honorer yang bekerja di instansi negeri misalnya sekolah negeri namun tidak dibiayai oleh APBN atau APBD. Dari total 1.366 pegawai Kategori II yang mengikuti seleksi, sebanyak 592 di antaranya dinyatakan lolos dan akan diangkat menjadi CPNS.

Penambahan PNS sebanyak itu, menurut dia, bakal menambah beban belanja pegawai di Bantul yang saat ini sudah mencapai angka 62,26% dari total belanja APBD.

Padahal pemerintah kini tengah berupaya menekan belanja pegawai di daerah ini yang dianggap tidak proporsional, karena lebih besar dibanding belanja untuk masyarakat.