DIY Rencanakan Penambahan Jalur Bus pada 2015

Sebuah bus kota di Jogja mogok (Desi Suryanto/JIBI - Harian Jogja)
22 Februari 2014 16:49 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta merencanakan menambah jalur bus di daerah ini menjadi 22 jalur pada 2015.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Budi Antono mengatakan rencana penambahan jalur bus perkotaan itu saat ini masih dalam pengkajian di internal Dishubkominfo DIY.

"Ada penambahan jalur bus menjadi 22 jalur, meskipun ini belum menjadi kebijakan, melainkan masih dalam proses perencanaan," kata dia, belum lama ini.

Menurut Budi, penambahan 22 jalur yang sebelumnya hanya terdiri atas 13 jalur itu, ke depan akan menjadi 18 jalur untuk bus reguler perekotaan, dan lima jalur khusus untuk bus Transjogja.

Sementara itu, bersamaan dengan rencana penambahan jalur itu, menurut dia, juga akan diimbangi dengan perencanaan penambahan armada bus.

Menurut Budi, dengan rencana penambahan itu, total keseluruhan bus akan menjadi 167 bus mencakup Transjogja dan bus reguler perkotaan.

"Kami menargetkan akhir bulan ini sudah bisa kami presentasikan di hadapan Sekretaris daerah (sekda) DIY, dan dilanjutkan ke Gubernur," kata dia.