Advertisement

Ribuan Suara di Bantul Sia-Sia

Bhekti Suryani
Sabtu, 12 April 2014 - 15:00 WIB
Nina Atmasari
Ribuan Suara di Bantul Sia-Sia JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X memasukkan surat suara seusai memberikan hak suaranya di TPS 11 Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Rabu (09/04 - 2014).

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Ratusan suara pemilih di Desa Ringinharjo, Kecamatan Bantul terbuang sia-sia karena tidak sah. Jumlah suara tidak sah dipastikan mencapai ribuan bila dikalkulasi seluruh desa di Bantul.

Sekretaris Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) Desa Ringinharjo, Bantul Isbudi mengungkapkan, banyak ditemukan surat suara tidak sah pada Pemilu Legislatif 9 April lalu.

Advertisement

Di satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) jumlah suara tidak sah mencapai lebih dari 10 suara. Bahkan tidak sedikit yang mencapai 50 suara. "Rata-rata di atas 10 suara tapi enggak sampai 100 suara," terang Isbudi, Jumat (11/4/2014).

Surat suara tidak sah itu antara lain karena dicoblos dua kali misalnya pada kolom caleg, ada pula yang tidak dicoblos bahkan ditemukan surat suara yang tidak dicoblos pada kolom caleg atau partai melainkan dicoblos di logo Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Mungkin yang tidak dicoblos itu pemilihnya golput, datang ke bilik suara lalu diam saja. Lucunya itu justru logo KPU yang dicoblos, mungkin dikira gambar burung Garuda," ujarnya.

Isbudi mengatakan, kesalahan pencoblos itu diduga dilakukan oleh para pemilih lansia. Mereka bingung hendak mencoblos salah satu caleg sebab ada begitu banyak caleg yang tercantum di kertas suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement