Advertisement

BANDARA KULONPROGO : Bandara Sido, Aku Rapopo

Selasa, 29 April 2014 - 11:47 WIB
Nina Atmasari
BANDARA KULONPROGO : Bandara Sido, Aku Rapopo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Warga pesisir yang mendukung pembangunan bandara di Kulonprogo unjuk gigi. Mereka yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Kulonprogo (MPK) memasang 10 buah spanduk di sepanjang Jalan Daendels dan Jalan Nasional Jogja-Purworejo yang berada di wilayah Desa Glagah dan Palihan, Kecamatan Temon. Spanduk tersebut terpasang sejak Sabtu (26/4/2014) dini hari.

Tulisan yang terdapat di spanduk berwarna merah tersebut beragam, antara lain, Bandara Sido #Aku Rapopo, Dalam Menanggapi Pembangunan Bandara, Pemberdayaan Masyarakat Adalah Harga Mati, Dalam Menanggapi Pembangunan Bandara, Duduk Bersama Adalah Jalan Terbaik, dan sebagainya.

Advertisement

Anggota MPK, Bayu Putro Puspo Pangaribowo, mengungkapkan, pemasangan spanduk merupakan inisiatif dan bentuk solidaritas dari masyarakat pesisir yang mendukung program pemerintah.

“Kami ingin menunjukkan kepada orang di luar bahwa tidak semua warga pesisir itu kontra dengan pembangunan bandara, karena ada juga warga yang lahan dan rumahnya terdampak pembangunan bandara tetapi tetap mendukung keberadaan bandara,” jelasnya kepada wartawan, Senin (28/4/2014).

Disebutkannya, pemasangan spandung tersebut baru berada di wilayah Glagah dan Palihan, namun spanduk serupa juga akan dipasang di Desa Sindutan dan Jangkaran dalam waktu dekat. Ia juga mengklaim terdapat lebih dari seratus warga di tiap desa yang berada di Temon, yang mendukung pembangunan bandara.

Bayu menuturkan, maksud dari pemasangan spanduk bukan ingin menciptakan konflik horizontal antar warga, melainkan demi kemajuan daerah semata.

Rencananya, MPK berniat untuk mengadakan dialog dengan bupati Kulonprogo terkait dukungan terhadap pembangunan bandara yang harus diikuti dengan pemberdayaan masyarakat.

Ia menilai, selama bertahun-tahun menjadi petani, tidak seorang pun yang menginginkan anak dan keturunannya menjadi petani. “Jadi pembangunan bandara demi masa depan anak cucu yang lebih baik,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement