Advertisement

MERAPI WASPADA : Warga Lereng Merapi Diminta Siapkan Tas Siaga

Redaksi Solopos
Rabu, 30 April 2014 - 14:41 WIB
Nina Atmasari
MERAPI WASPADA : Warga Lereng Merapi Diminta Siapkan Tas Siaga Para pengungsi yang menggunakan sepeda motor terlihat di jalan utama kawasan Dieng. Menyusul pulangnya sejumlah pengungsi, tim SAR yang bersiaga juga mulai ditarik, meski Posko pengungsian masih tetap dipertahankan. (JIBI/SOLOPOS - Antara)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Warga di lereng Gunung Merapi diminta menyiapkan tas siaga, yang bisa dibawa langsung saat darurat bencana.

Kepala Bencana Daerah Kabupaten Sleman Julie Dwi Wasito di Pusdalops BPBD DIY, Rabu (30/4/2014) mengingatkan warga yang berada di kawasan rawan bencana untuk memiliki "tas siaga" yang berisi surat-surat berharga, obat-obatan dan pakaian secukupnya.

Advertisement

Tas tersebut bisa langsung dibawa saat keadaan darurat bencana. "Jalur evakuasi yang rusak juga akan segera diperbaiki," tuturnya.

Perbaikan jalur evakuasi dilakukan menggunakan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). "Pertengahan Mei sudah mulai dilelangkan. Jalur yang diperbaiki sepanjang 10 kilometer," ujarnya.

Aktivitas penambangan pun diharapkan menggunakan jalur yang sudah ditentukan agar tidak merusak jalur evakuasi.

Sementara itu, Kepala Balai Penyelidikan dan Penanggulangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta Subandriyo mengatakan, aktivitas pendakian ke Gunung Merapi untuk sementara ditutup hingga pemberitahuan berikutnya.

"Aktivitas pendakian lebih baik dihentikan saja. Kami tidak bisa mengontrol para pendaki apabila sudah berada di gunung," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement