RAMADAN 2014 : Pemkab Kulonprogo Santuni Warga Binaan di Rutan Wates

17 Juli 2014 17:40 WIB Redaksi Solopos Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan santunan kepada 57 warga binaan Rumah Tahanan Negara Kelas II B Wates.

Wakil Bupati Sutedjo mengatakan santunan ini sebagai bentuk kepedulian warga PNS Kulonprogo kepada warga binaan.

"Kunjungan ini merupakan upaya jalinan silaturahim sesama warga masyarakat Kulonprogo. Kami berharap, santunan yang diterima nanti bisa bermanfaat," kata Sutedjo, Rabu (16/7/2014).

Kepala Rutan Wates Syamsir Alam menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Pemkab Kulonprogo untuk menjenguk warga binaan. Selama Ramadhan, kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan meliputi pagi Salat Dhuha berjamaah, dilanjutkan baca Iqra dan latihan hadrah. Sedangkan malam hari setelah buka puasa Salat Isya dan Tarawih.

Syamsir menambahkan selain kunjungan dari Bazda Kulonprogo, warga binaan Rutan Wates juga pernah berbuka puasa bersama dengan Pengusaha Muslim Indonesia Cabang Jogja.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo Bambang Haryatno memgatakan pihaknya mempersiapkan 420 paket sembako bagi anak yatim dan fakir miskin.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial bagi karyawan Dinas Kesehatan dan Puskesmas wilayah Kabupaten Kulonprogo terhadap masyarakat di sekitarnya," katanya.

Bambang mengatakan bentuk paket sembako sebanyak 420 paket, yang mana diantara barang dalam paket terdapat produk lokal Kulonprogo berupa gula semut sebagai perwujudan slogan "Bela Beli Kulonprogo".

"Lebaran ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, yang biasanya bentuk penyaluran berupa uang, untuk tahun ini selain berupa uang juga diwujudkan dalam bentuk barang dalam paket," katanya.