MUSIM HUJAN : Proses Evakuasi Butuh 9 Orang Selama 3 Jam

Proses evakuasi pohon tumbang di Dusun Purbosari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kamis (1/1/2015). (JIBI/Harian Jogja/FOTO ISTIMEWA - Dok. BPBD Gunungkidul )
02 Januari 2015 08:20 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Musim hujan, pohon sawo yang tumbang menimpa rumah warga di Purbosari, Wonosari berusia tua dan cukup tinggi. Alhasil proses penanganan membutuhkan waktu lebih lama.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sebuah pohon sawo tumbang menimpa rumah R. Soegriwo, 65, warga Dusun Purbosari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kamis (1/1/2015) hingga bagian tertentu bangunan rusak. Guna mengevakuasi, dibutuhkan tenaga sembilan orang dewasa selama tiga jam.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono mengatakan, begitu mendapatkan laporan, tindakan evakuasi langsung dilakukan. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul dibantu petugas UPT Pemadam Kebakaraan dalam evakuasi tersebut.

“Jarak lokasi dengan Kantor BPBD Gunungkidul hanya 700 meter sehingga kami bisa melakukan penanganan dengan cepat,” imbuh dia.

Ia menambahkan, proses evakuasi terkendala tingginya pohon serta kerasnya kayu lantaran usia yang sudah tua. Proses evakuasi dilakukan sembilan orang dan memakan waktu hingga tiga jam. Sedangkan, untuk jumlah kerugian, ia mengatakan, masih dalam perhitungan.

“Kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah,” ungkap dia.

Ia mengimbau masyarakat yang memiliki pohon besar di dekat rumah untuk menebangnya. Tujuannya, untuk menghindari kejadian serupa. Menurutnya, langkah tersebut penting dilakukan untuk mengurangi resiko pohon tumbang dan menimpa rumah. Pasalnya, memasuki Januari 2015, cuaca diprediksi akan semakin ekstrem.