PENATAAN KULONPROGO : Mega Proyek Diharapkan Segera Berjalan

Monumen Nyi Ageng Serang di simpang lima Karangnongko, diresmikan Bupati Kulonprogo dengan kemerian kembang api, Rabu (31/12/2014). (JIBI - Holy Kartika N.S)
02 Januari 2015 18:40 WIB Kulonprogo Share :

Penataan Kulonprogo, 2015 diharapkan menjadi awal baru bagi perkembangan dan pembangunan yang ditandai dengan segera berjalannya mega proyek.

Harianjogja.com, KULONPROGO - Kemeriahan tahun baru 2015 di Kulonprogo disambut antusias ribuan warga yang emadati Alun-alun Wates. Menandai tahun yang baru, diharapkan seluruh mega proyek dapat segera berjalan.

Pesta kembang api yang dimeriahkan dengan seni Jathilan dan musik Koes Plusan itu menghibur warga Kulonprogo yang tumpah ruah di Alun-alun Wates. Ribuan warga Kulonprogo antusias menyambut detik-detik pergantian tahun 2014 ke 2015. Bahkan, tak hanya masyarakat umum, sejumlah komunitas anak muda juga unjuk gigi di setiap sudut jantung kota ini.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengungkapkan, tahun baru ini diharapkan dapat menjadi awal baru bagi perkembangan dan pembangunan di Bumi Menoreh ini. Mega proyek menjadi salah satu harapan bagi seluruh warga untuk memajukan kabupaten yang berada paling barat ini.

"Di tahun 2015 ini, kami berharap mega proyek segera berjalan. JMI bisa segera menyelesaikan pemagaran, syukur bisa peletakan batu pertama. Pelabuhan juga harus selesai, alur segera dikeruk, sehingga kapal-kapal dapat segera masuk," ujar Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, usai perayaan Tahun Baru di Alun-alun Wates, Kamis
(1/1/2015).

Hasto mengatakan apabila mega proyek segera dapat berjalan, maka pembangunan dan roda perekonomian Kulonprogo dapat segera terlaksana. Dia juga mengaku lega terhadap tahapan awal mega proyek bandar udara.

"Akhir tahun 2014, tahapan konsultasi publik dapat diakhiri dengan baik. Semoga tahapan proyek ini dapat sukses di tahun baru ini," imbuh Hasto.

Seiring dengan pembangunan mega proyek, Hasto menargetkan pembangunan di seluruh wilayah pedesaan dan pegunungan Kulonprogo dapat terus berkembang. Tahun ini dia menargetkan, fasilitas layanan air bersih di wilayah pegunungan dapat terus ditingkatkan. Hal itu dilakukan agar masyarakat yang berada di wilayah pegunungan dapat menikmati air bersih secara optimal.

Rangkaian perayaan pesta tahun baru juga dimeriahkan dengan peresmian Monumen Nyi Ageng Serang yang berada di simpang lima Karangnongko, Wates. Dalam peresmian tersebut, Hasto berharap monumen ini dapat menjadi kebanggaan warga Kulonprogo.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo Zahram Asurawan menambahkan, monumen ini akan menjadi ikon bagi Kota Wates. Ke depan pengembangan monumen tersebut akan terus dilakukan.

"Nanti ke depan kami akan tetap melanjutkan pengembangan monumen ini. Di antaranya pemasangan relief sejarah perjuangan Nyi Ageng Serang di sekeliling bangunan dari monumen ini," ujar Zahram.