Dua Wisatawan Tersesat Dapat Ditemukan

Para pengunjung di Tlogo Putri, Kaliurang, beramai-ramai menyaksikan pertunjukan seni jatilan, Kamis (31/7/2014). (Rima Sekarani/JIBI - Harian Jogja)
07 Januari 2015 08:20 WIB Sunartono Sleman Share :

Dua wisatawan tersesat dapat ditemukan dengan cepat lantaran korban berinisiatif melakukan panggilan darurat berkali-kali ke Polres Sleman.

Harianjogja.com, SLEMAN-Kapolsek Pakem Kompol Sudaryanto saat dimintai konfirmasi menjelaskan pihaknya menerima informasi adanya dua wisatawan tersesat sekitar pukul 19.00 WIB. Beberapa menit setelah korban menghubungi panggilan darurat ke Polres Sleman. Korban meminta bantuan karena tersesat.

"Setelah kami mendapatkan info dari Polres. Kami kemudian melakukan pengecekan di atas dan memang ada motor pengunjung yang masih terparkir di sana," ungkapnya, Selasa (6/1/2015).

Setelah dipastikan bahwa ada dugaan wisatawan yang masih tersesat di pegunungan pihaknya berkoordinasi dengan tim SAR kawasan Kaliurang. Sekitar pukul 19.30 tiga tim pencari diterjunkan untuk melakukan searching area dengan titik duga kawasan di atas Gua Jepang mencari dua wisatawan tersesat tersebut.

Tim pertama terdiri atas tujuh orang, kedua diberangkatkan tujuh orang dan tim terakhir sebanyak enam orang. Hingga kemudian sekitar pukul 21.00 WIB dua wisatawan tersesat itu ditemukan di pertigaan birdwatching kawasan Tlogo Putri. Keduanya dalam keadaan kecapekan karena kehabisan logistik. Salahsatu korban sempat ditandu saat perjalanan turun karena kedua kakinya merasa nyeri.

"Proses pencarian termasuk cepat. Kedua wisatawan dalam keadaan selamat berkat kerjasama semua pihak. Malam itu juga keduanya langsung kami serahkan ke pihak keluarga," ungkapnya.