Jumbara PMR Sleman Diikuti 850 Orang

11 Januari 2015 09:20 WIB Rima Sekarani Sleman Share :

Jumbara PMR di Sleman diikuti 850 orang dari calon anggota, anggota dan pembina PMI Sleman.

 

SLEMAN-Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman digelar di komplek Gedung Olah Raga (GOR) Pangukan, Tridadi, Sleman, Sabtu (10/1/2015).

 

Kegiatan tersebut diikuti 850 orang calon anggota, anggota, dan pembina PMI, baik dari jenjang SD, SMP, SMA, maupun pengurus PMI Kecamatan.

 

Kegiatan ‘Jumpa’ diisi dengan diskusi panel tentang manajemen PMI. Kegiatan ‘Bakti’ dilakukan dalam bentuk aksi donor darah, kerja bakti dan bersih lingkungan serta pemberian ransum makan pada siswa SLB.

 

Sementara‘Gembira’ dikemas dalam beberapa pos sirkuit, meliputi pesan palang merah, kepemimpinan, ayo siaga bencana, pertolongan pertama, remaja sehat pedulisesama dan kesehatan remaja.

 

Staf Ahli Bupati Sleman bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Sri Murni Rahayu mengatakan, Jumbara adalah kegiatan yang strategis untuk ajang peningkatan kualitas relawan muda PMI.

 

“Jumbara ini harus terus dikembangkan dan ditindaklanjuti secara konsisten sebagai bekal pembinaan calon relawan muda PMI di semua pangkalan,” ujar Sri.

 

Sri memaparkan, Sleman membutuhkan relawan yang tanggap dan cekatan dalam upaya evakuasi. Namun, sebagai daerah yang memiliki potensi bencana, Sleman juga butuh relawan yang mampu melakukan langkah preventif pengurangan korban bencana.

 

“Inilah mengapa Pemkab Sleman menggencarkan Sekolah Siaga Bencana. Pembinaan PMR di sekolah akan jadi lebih efektif,” ucap dia