Perangkat Desa di Wonosari Belum Gajian

Ilustrasi uang rupiah (Dok/(JIBI - Solopos)
12 Januari 2015 18:40 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Perangkat desa di Wonosari Gunungkidul belum menerima gaji pada Januari 2015

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kecamatan Wonosari belum menerima gaji Januari 2015.

Camat Wonosari Iswandoyo mengatakan, hal itu disebabkan baru ada APBDes sembilan desa yang ditetapkan dari 14 desa yang ada di Wonosari. Ada pun delapan desa yang dimaksud yakni Kepek, Baleharjo, Piyaman, Duwet, Wunung, Gari, Wonosari, Karangrejek, dan Pulutan.

“Tidak semua desa mengumpulkan APBDes 2015 tepat waktu. Harusnya sudah dikumpulkan per 31 Desember 2015,”  ungkap dia, Minggu (11/1/2015).

Ia menjelaskan, kecamatan memiliki tugas untuk melakukan evaluasi terhadap APBDes setiap desa. Namun, pengesahan tetap dilakukan oleh kepala desa masing-masing. Menurutnya, hampir setiap awal tahun selalu tetal dalam pengajuan.

“Mungkin karena mindset mereka. Kami juga tidak kurang dalam mendampingi mereka dalam menyusun,” ungkap dia.

Akibatnya, lanjut dia, seluruh perangkat desa di Kecamatan Wonosari belum ada yang menerima gaji. Pasalnya, pencairan dari Pemerintah Kabupaten bersifat serentak. Sehingga, sebelum APBDes 14 desa ditetapkan, belum ada pencairan.

“Kami harap minggu ketiga sudah bisa cair,” imbuh dia.

Kabag  Pembangunan Desa Wonosari Dwi Suharto mengatakan, hingga saat ini ia belum menerima gaji. Menurutnya, hal itu membuat dia susah karena ada keluarga yang harus dihidupi.  “Kalau saya mungkin bisa puasa, tapi, apa anak saya juga harus ikut puasa,” ungkap dia.