JJLS DIY : Rp34 Miliar Dianggarkan untuk Pembebasan Lahan

Kolam tambak udang tampak berdekatan dengan jalur jalan lintas selatan di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Rabu (7/1/2015). Keberadaan tambak nantinya tergusur proyek jalan karena lebar JJLS diperluas sampai 30 meter. (JIBI/Harian Jogja - Bhekti Suryani)
20 Januari 2015 00:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

JJLS DIY pada tahun ini dianggarkan Rp34 miliar hanya untuk pembebasan lahan.

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY, tahun ini kembali menganggarkan Rp34 miliar khusus untuk pembebasan lahan yang dilalui JJLS. Dana tersebut dari dana keistimewaan (Danais) DIY.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUP- ESDM) Widarto berharap dengan bantuan danais tersebut mempermudah pemerintah kabupaten dalam membebaskan tanah warga.

Wakil Ketua III DPRD DIY Dharma Setiawan mengatakan, makelar tanah yang bergerilya di wilayah pesisir Selatan DIY bisa menghambat proses pembangunan proyek JJLS, padahal JJLS dampak positif untuk peningkatan ekonomi warga di wilayah selatan DIY.Untuk mempercepat proses pembangunan JJLS, Dharma menyarankan agar Pemda DIY memindahkan trase JJLS yang melintasi padat

pemukiman warga ke lahan yang masih sedikit penduduknya.

"Biar warga nanti dibuatkan jalan lagi untuk menghubungkan ke JJLS," kata Dharma yang juga sebagai anggota Komisi C, yang membidangi pembangunan infrastruktur.

Politikus Partai Gerindra ini juga meminta tim pembebasan lahan JJLS untuk segera mengantisipasi kenaikan harga tanah dengan membebaskan tanah yang masih jauh dari JJLS yang sedang dibangun.