PENGANGGURAN TERBUKA : Tinggi karena Minat Masyarakat Cari Kerja Rendah

22 Januari 2015 03:40 WIB Kulonprogo Share :

Pengganguran terbuka di Kulonprogo tinggi lantaran minat warga terhadap lowongan kerja rendah.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Minat masyarakat terhadap lowongan kerja yang diinformasikan sangat rendah. Hal itu mendorong masih tingginya angka pengangguran terbuka di Kulonprogo.

“Kami sering menginformasikan banyak sekali lowongan kerja lokal. Namun, ternyata banyak lowongan yang tidak terpenuhi. Minat masyarakat sangat rendah sekali,” ujar Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo Eko Pranyoto kepada Harianjogja.com saat ditemui di kantornya, Rabu
(21/1/2015).

Eko mengatakan rendahnya minat masyarakat terhadap lowongan kerja lokal menjadi salah satu penyebab masih cukup banyak pengangguran di kabupaten ini. Padahal, kata Eko, posisi tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan tersebut cukup banyak. Namun, yang mendaftar sangat sedikit, bahkan terkadang tidak ada separuhnya.

“Salah satunya, ada toko modern dan perusahaan besar yang ada di sini membuka lowongan kerja dengan jumlah posisi hingga puluhan formasi. Namun, ada yang masuk hanya 15 sampai 20 pelamar saja,” ungkap Eko.