UANG PALSU : Sopir Truk Edarkan Upal di Depo Pasir

23 Januari 2015 18:40 WIB Sunartono Sleman Share :

Uang palsu di Sleman diedarkan sopir truk pasir.

Harianjogja.com, SLEMAN - Polres Sleman menangkap tiga orang yang diduga mengedarkan Uang Palsu (Upal) di kawasan depo pasir, Cangkringan, Sleman, Rabu 

(21/1/2015). Ketiganya kini ditahan di Mapolres Sleman dan resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Ketiga tersangka adalah, Supriyadi alias Supri, 40, asal Klaten; Sri Widodo alias Dodo, 40, asal Boyolali dan Yudi, 25, juga asal Boyolali. Dalam keseharian Yudi dikenal sebagai sopir angkutan jurusan Delanggu, Klaten. Sedangkan Supri dan Dodo adalah sopir truk pasir. Ketiganya memang saling kenal akrab.

Keterlibatan edar gelap ketiganya berawal saat Yudi mendapatkan upal dari kakeknya yang menjadi korban penipuan saat menjual sepeda. Yudi yang sudah mengetahui pecahan Rp100.000 lima lembar itu upal justru berupaya memanfaatkannya.

Yudi kemudian meminta bantuan Dodo untuk menukarkan upal melalui proses jual beli. Setelah upal di tangan, Dodo kemudian menyerahkannya kepada Supri yang saat itu akan membeli pasir di kawasan lereng Merapi. Supri kemudian memanfaatkan uang tersebut untuk membayar depo pasir di kawasan Cangkringan melalui sistem Delivery Order (DO). Tetapi kemudian ketahuan petugas dan dilaporkan ke Polres Sleman.