Ribuan Warga Kulonprogo Disalurkan Bekerja, Mayoritas Perempuan

SOLO, 24/11 - JOB MARKET FAIR. Pengunjung Job Market Fair melihat lowongan kerja dalam bursa kerja di Graha Wisata, Solo, Jateng, Selasa (24/11). Bursa kerja yang diadakan oleh Disnas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Tengah yang berlangsung selama 2 hari tersebut menyediakan berbagai lowongan kerja dari sejumlah perusahaan dan bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran. Foto ANTARA/Hasan Sakri Ghozali/ss/nz - 09
27 Januari 2015 04:20 WIB Holy Kartika Nurwigati Kulonprogo Share :

Ribuan warga Kulonprogo disalurkan bekerja ke berbagai perusahaan

Harianjogja.com, KULONPROGO- Penempatan tenaga kerja tahun 2014 melampui target dari 1.000 menjadi 1.045 orang.

Dalam upaya mengurangi penangguran dan mendorong calon-calon tenaga kerja, bursa kerja khusus di sekolah-sekolah akan dioptimalkan.

Kasi Penyedia Lowongan Kerja dan Penempatan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo Juminah mengatakan, tenaga kerja yang ditempatkan melampaui target.

Total tenaga kerja yang ditempatkan baik Angkatan Kerja Lokal (AKL), Angkatan Kerja Antar Daerah (AKAD) maupun Angkatan Kerja Antar Negara (AKAN) mencapai 1.045 orang.

"Tahun lalu kami targetkan 1.000 orang yang dapat ditempatkan. Sebagian besar peminat tenaga kerja masih didominasi perempuan. Baik itu lokal, antar daerah maupun luar negeri," ujar Juminah, Minggu (25/1/2015).

Juminah mengungkapkan, jumlah tenaga kerja AKL yang ditempatkan tahun ini mencapai 728 orang. Sedangkan untuk tenaga kerja AKAD dan AKAN, masing-masing mencapai 187 orang dan 130 orang.

Dia menambahkan, meski animo pencari kerja laki-laki cukup banyak, namun sebagian besar perusahaan hanya membuka lowongan untuk perempuan.

"Kebanyakan untuk AKAD juga daerah tujuan utama masih ke Batam. Lowongan kerja di sana banyak membutuhkan tenaga kerja, tapi umumnya adalah perempuan yang dicari," jelas Juminah.