Advertisement

MASALAH LINGKUNGAN : Belasan Sumur Kuno Akan Dipantau

Senin, 23 Februari 2015 - 00:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
MASALAH LINGKUNGAN : Belasan Sumur Kuno Akan Dipantau Ilustrasi sumur timba (JIBI/Solopos - Dok.)

Advertisement

Masalah lingkungan terutama ketersediaan air bersih menjadi perhatiaan Pemkab Kulonprogo. Termasuk kebersihan air sumur kuno.

Harianjogja.com, KULONPROGO - Sebanyak 15 sumur di lingkungan kantor milik pemerintah dan sekolah akan dipantau. Upaya itu dilakukan untuk mengetahui kelayakan sumur.

Advertisement

"Ada beberapa SKPD yang masih memiliki sumur. Kami akan melakukan pemantauan terhadap sumur-sumur tersebut, kaitannya dengan kualitas air untuk minum," ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kulonprogo Suharjoko kepada Harianjogja.com, Jumat (20/2/2015).

Suharjoko mengatakan kebanyakan bangunan-bangunan kuno masih menggunakan sumur sebagai sumber air. Kebanyakan bangunan-bangunan sekolah di kabupaten ini masih menggunakan sumur. Sementara sebagian besar perkantoran di lingkungan pemkab telah menggunakan air dari PDAM.

"Kami akan melakukan pemantauan kondisi fisik sumur. Kira-kira masih aman atau tidak untuk digunakan. Kami akan identifikasi nanti," imbuh Suharjoko.

Menurut Kasi Pemantauan KLH Kulonprogo Sudarmadi, jadwal pemantauan menunggu instruksi dari pusat. Kemungkinan akan dimulai pada bulan Maret mendatang. Parameter pemantauan yang akan digunakan cukup banyak.

Dia mengungkapkan sebelumnya pemantauan sumur pernah dilakukan. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan Dinas Kesehatan, khususnya di kawasan yang berpotensi adanya pencemaran. Di antaranya, pemantauan pernah dilakukan di salah satu sekolah menengah kejuruan di daerah Kokap. Sumur di sekolah tersebut tercemar limbah dari aktifitas penambangan.

"Nanti, kami hanya lakukan pemantauan fisik. Selain itu, dilakukan juga pengambilan sampel. Sebagian diuji
langsung, ada juga yang dibawa ke laboraturium khusus," jelas Sudarmadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemprov Jawa Tengah Mendorong Kadin Berkontribusi dalam Penyediaan Pangan

News
| Selasa, 28 November 2023, 17:17 WIB

Advertisement

alt

BOB Golf Tournament 2023 Jadi Wisata Olahraga Terbaru di DIY

Wisata
| Minggu, 26 November 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement