Nelayan Pantai Depok Pasok Ikan ke Jakarta

02 Maret 2015 06:20 WIB Redaksi Solopos Bantul Share :

Nelayan pantai Depok memasok ikan hasil tangkapan ke berbagai daerah termasuk Jakarta

Harianjogja.com, BANTUL- Tempat Pelelangan Ikan Mina Bahari Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memasok ikan hasil tangkapan nelayan setempat ke berbagai daerah di antaranya Jakarta.

"Selain untuk memenuhi kebutuhan pedagang, kami juga mengirim ikan ke Jakarta, Kediri kemudian juga ke Cilacap," kata Sekretaris TPI Mina Bahari Pantai Depok, Bantul, Kusmadi di Bantul, Sabtu (28/2/2015).

Menurut dia, lebih dari 50% hasil tangkapan ikan nelayan yang dikirim ke berbagai daerah luar DIY tersebut, bahkan ada beberapa jenis ikan yang diekspor melalui perantara dari Jakarta.

"Kalau ke Jakarta mayoritas ikan bawal, sementara ke Kediri ikan layur. Beberapa waktu lalu ikan bawal juga ada yang dijual ke China," katanya.

Ia mengatakan, TPI yang menaungi sekitar seratus nelayan dengan sebanyak 50 perahu ini tiap tahun mampu menghasilkan sekitar 80 sampai 100 ton berbagai jenis ikan, yang didominasi layur dan bawal putih.

Menurut dia, meski mengirim ikan ke luar daerah, namun untuk memenuhi kebutuhan ikan di warung kuliner kawasan Pantai Depok tersebut, pihaknya justru mendatangkan dari luar daerah terutama dari wilayah pantai utara.

"Kalau kebutuhan ikan warung kuliner sini (Depok) mencapai sekitar 300 ton per tahun, sehingga banyak yang mendatangkan dari luar seperti wilayah pantai utara, karena kalau hanya dari sini [TPI] tidak cukup," katanya.

Sebab, menurut dia, jenis ikan yang dihasilkan nelayan pantai utara lebih bervariasi dan komplit dibanding nelayan Depok yang didominasi layur dan bawal putih.

"Kalau di sini memang tidak komplit, misalnya ikan cakalang itu jarang ada, padahal ikan cakalang menjadi menu favorit wisatawan," katanya.