KECELAKAAN WISATA : Terpeleset di Tebing Curug Indah, Wisatawan Tewas

Ilustrasi mayat (JIBI/Harian Jogja - Antara)
09 Maret 2015 09:13 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Kecelakaan wisata terjadi di Curug Indah Banyunibo Tegalrejo Gedangsari Gunungkidul, Minggu (8/3/2015). Seorang wisatawan tewas.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Suranto,27, wisatawan asal Desa Sidorejo, Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah ditemukan tewas di dasar Curug Indah Banyunibo, Tegalrejo, Gedangsari, Minggu (8/3). Diduga ia terpeleset dari tebing setinggi 20 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban bersama rekan-rekannya melakukan kegiatan outbond di area wisata yang berada di perbatasan Klaten-Gunungkidul. Saat kegiatan, ia terpisah dari temannya, dan diketahui naik ke tebing di samping curug curug.

DIduga karena medan yang curam dan licin, korban pun terpleset dan jatuh ke dalam area pemandian curug. Teman-teman korban sempat berusaha mencari Suranto, namun karena air keruh, pencarian tidak membuahkan hasil.

Kepala Desa Tegalrejo Sugiman mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Dia mengetahui kejadian itu berdasarkan laporan warga.

“Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi semuanya. Ke depan, kami juga akan memasang papan peringatan agar peristiwa serupa tak terjadi kembali,” kata Sugiman.

Dia menjelaskan, pencarian jasad korban dilakukan sekitar satu jam. Warga dibantu dengan petugas kepolisian melakukan pencarian di dasar area pemandian curug.

“Teman-teman korban sempat mencari korban tapi tidak membuahkan hasil. Jasad korban baru diketemukan dengan bantuan warga,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hasil pemeriksaan medis dari petugas Puskesmas Gedangsari menyatakan jika korban meninggal karena terbentur batu dan murni kecelakaan. “Jasad korban juga sudah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan,” papar Sugiman.