CPNS 2015 : Berapa Jumlah Kebutuhan di Gunungkidul?

Ilustrasi tes CPNS (JIBI/Solopos - Dok.)
12 Maret 2015 15:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

CPNS 2015, BKD tengah memetakan kebutuhan jumlah formasi.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul masih melakukan pendataan terhadap kebutuhan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2015. Sebagai gambarannya, tahun lalu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengajukan sekitar 600 formasi ke Pemerintah Pusat, namun yang disetujui hanya 30 lowongan.

Kepala BKD Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan, masih melakukan pendataan terhadap formasi PNS yang dibutuhkan tahun ini. Sebab, Pemerintah Pusat juga belum melayangkan informasi terhadap kebijakan tersebut.

“Kami belum mengirimkan jumlah formasi PNS untuk tahun ini, sebab masih dalam pendataan,” kata Sigit saat dihubungi wartawan, Rabu (11/3/2015).

Dia menjelaskan, proses pendataan dilakukan sebagai upaya antisipasi saat pemerintah meminta data kebutuhan PNS Pemkab Gunungkidul di 2015. Biasanya permintaan tersebut dikirimkan ke daerah di bulan April.

“Jadi saat surat permohonan itu turun, kita tinggal menyerahkan. Namun, hingga saat ini surat tersebut belum juga turun,” aku dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh Harianjogja.com dari Bagian Humas Protokol Pemkab
Gunungkidul ada sekitar 74 PNS yang purna tugas. Jumlah ini merupakan akumulasi pegawai yang pensiun dari rentang waktu April hingga Agustus 2015.

“Mayoritas PNS yang pensiun dari tenaga pendidik yang jumlahnya mencapai 71 orang. Sisanya merupakan satu orang Asisten Seketaris Daerah, seorang staf dan satu orang dokter,” kata Bupati Gunungkidul Badingah dalam sambutannya pada acara Pembekalan Pensiun PNS di ruang rapat 1 Sekda, Selasa (10/3/2015).