SMP Negeri 2 Kalasan Siap Lomba Sekolah Sehat (LSS)

BERSIH BERSIH SEKOLAHSiswa SMP Negeri 26 Solo bergotong-royong membersihkan sampah saat Jumat Bersih di halaman sekolah setempat, Kepatihan , Jebres, Solo, Jumat (23 - 8). Kegiatan itu untuk melatih siswa untuk hidup bersih dan sehat.
14 Maret 2015 03:20 WIB Rima Sekarani Sleman Share :

SMP Negeri 2 Kalasan Sleman mempersiapkan diri mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS)

Harianjogja.com, SLEMAN-SMP Negeri 2 Kalasan bersiap mewakili DIY dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional untuk jenjang SMP.

Sekolah terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY maupun Kabupaten Sleman.

“Ada beberapa kriteria penilaian LSS yang harus kami perhatikan. Misalnya penerapan pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat [PHBS] di lingkungan sekolah. Juri juga akan melihat bagaimana pelayanan UKS berdasar kebutuhan dan peran siswa,” kata Kepala SMP Negeri 2 Kalasan, Nurul Wachidah, Jumat (13/3/2015).

Salah satu yang akan diandalkan SMP Negeri 2 Kalasan adalah adanya gerakan konselor sebaya. Siswa bisa menceritakan masalah dan berkeluh kesah kepada konselor yang sebenarnya juga temannya sendiri.

“Kegiatan ini cukup efektif karena siswa cenderung tidak canggung. Permasalahan juga bisa diselesaikan dengan gaya mereka sendiri. Namun, tentunya tetap ada pendampingan dari kami,” ucap Nurul menerangkan.

Nurul mengungkapkan, sekolah sedang menyusun portofolio LSS tingkat nasional. Rencananya akan diserahkan kepada panitia pada pekan ketiga Maret ini. Jika lulus seleksi administrasi, mereka akan menjalani verifikasi pada Mei mendatang.

Pihaknya pun semakin giat membekali siswa dengan berbagai wawasan, termasuk mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).