WISATA JOGJA : Menkominfo Harapkan Ini untuk Pariwisata

JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoKirab kereta wisata kencana membawa sejumlah tamu undangan untuk menikmati keindahan kota Yogyakarta dari Ndalem Yudonegaran menuju Hotel Inna Garuda malioboro, Yogyakarta, Selasa (23/12 - 2014). Kereta wisata kencana dilengkapi dengan sistem informasi digital menggunakan empat bahasa dan dipersembahkan untuk wisatawan, kereta bertarif mulai dari Rp. 200 Ribu ini menempuh rute dari Hotel Inna Garuda Malioboro / kawasan Nol Kilometer/ Jalan Ahmad Dahlan / jalan Bayangkara / Jal
24 Maret 2015 00:20 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Wisata Jogja diharapkan dapat ditopang dengan pemanfaatan TIK.

Harianjogja.com, BANTUL-Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tepat diterapkan di sektor pariwisata.

"Kalau Jogja menurut saya sektor kepariwisataan yang dikembangkan. Pariwisata menjadi salah satu dari tujuh fokus program pemerintah," jelas dia dalam kunjungannya ke kantor Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) DIY, Senin (23/3/2015).

Ia berharap, berbagai objek wisata di Jogja memiliki fasilitas internet yang mudah diakses wisatawan. Sementara untuk BPPKI DIY, Rudi meminta agar memperbanyak riset dan kajian tentang pengaruh teknologi informasi terhadap perubahan perilaku masyarakat. Kajian mengenai perubahan perilaku tersebut dinilai masih sedikit.

"Kita bukan inventor di bidang teknologi, yang bisa kita lakukan adalah kajian dan studi implikasinya ke masyarakat. Contoh Teknologi 4G dan 5G. Di Jogja kan selama ini budayanya gotong royong, berubah tidak dengan adanya teknologi baru," lanjut Rudi.