PERIKANAN DIY : Ada Fasilitas Internet di Pesisir Selatan

Ilustrasi internet (illustratiction.fr)
24 Maret 2015 09:40 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Perikanan DIY, utamanya nelayan mendapatkan fasilitas internet untuk memantau cuaca.

Harianjogja.com, BANTUL- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merencanakan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sepanjang pesisir selatan DIY yang banyak terdapat desa nelayan.

Kepala Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) DIY, Eka Handayani
menyatakan saat ini lembaganya meneliti penerapan aplikasi internet di wilayah pesisir yang selama ini terdapat desa-desa nelayan sekaligus merupakan kawasa wisata di Jogja. Program yang akan bekerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda) itu berupa penyediaan fasilitas internet di wilayah pesisir yang dapat diakses para nelayan.

"Jadi mereka bisa melihat kondisi cuaca lewat internet sebelum melaut, atau melihat posisi rumpun ikan lewat internet," terang Eka Handayani di kantor BPPKI, Sewon, Bantul, Senin (23/3/2015).

Pemerintah daerah bertugas menyuplai informasi terbaru ke internet yang dapat diakses para nelayan. Sosialisasi fasilitas ini ke masyarakat pesisir juga dilakukan oleh Pemda. Eka menargetkan tahun ini program mempercepat komunikasi dan informasi di wilayah pesisir itu dapat terwujud.