30 Siswa Sebagai Duta Seni Pelajar DIY 2015

JIBI/HARIAN JOGJA/DESI SURYANTOSENI BUDAYA MELAYU -- Sejumlah penari menampilkan tarian kreasi Zapin Ya Salam pada Pentas Seni Budaya Melayu yang diselenggaran oleh Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (8 - 1). Pentas seni budaya melayu dan orasi kebangsaan tersebut untuk lebih memperkenalkan kebudayaan melayu kepada masyarakat luas dan memperkokoh idealisme kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
31 Maret 2015 02:20 WIB Jogja Share :

Sebanyak 30 siswa terpilih sebagai Duta Seni Pelajar DIY

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak 30 pelajar perwakilan sekolah dua kabupaten Sleman, Bantul dan Kota Yogya terpilih sebagai duta seni pelajar DIY Tahun 2015.

Pelajar dari dua kabupaten, yakni Gunungkidul dan Kulonprogo, gagal merebut kuota dalam tahap seleksi diikuti ratusan pelajar se-DIY beberapa waktu lalu.

Kepala Seksi Perencanaan Kependidikan Disdikpora DIY, Bakhtiar Hidayat, mengatakan hasil seleksi tingkat DIY telah memilih 20 siswa berbakat seni tari dan 10 lainnya bakat karawitan.

Pelajar pilihan ini sudah mulai berproses untuk mewakili penyajian seni yang akan menjadi duta pelajar DIY ditingkat Jawa-Bali-Lampung dipusatnya di Bali, yang akan diselenggarana pada bulan Juni 2015 mendatang.

Lebih jauh, diungkapkan Marsudi selaku pendamping program persiapan duta seni pelajar 2015, DIY akan menampilkan sendratari dengan mengusung cerita ikon pariwisata DIY yakni Candi Prambanan.

Rencananya, sendratari mengurai sejarah sosok Roro Jonggrang sebagai salah satu ikon kebudayaan pariwisata DIY.

"Untuk tahap persiapan dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan penuh untuk membentuk pelajar terpilih ini. Diberikan materi dasar seni sendratari mulai dari pemahaman diri tentang artistik, gerak tubuh, dan penguasaan panggung, hingga belajar komposisi," pungkasnya.