PEMKAB KULONPROGO : 2015-2016, Ada 5 Embung Baru

Ilustrasi embung (JIBI/Harian Jogja - Dok)
31 Maret 2015 07:21 WIB Redaksi Solopos Kulonprogo Share :

Pemkab Kulonprogo tengah membangun lima embung.

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemerintah Kabupaten Kulonprogo membangun lima embung di Perbukitan Menoreh pada 2015-2016 untuk mengairi sawah dan perkebunan.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulon Progo Hadi Prayanto di Kulonprogo, Minggu (29/3/2015), mengatakan pada 2015 ada tiga embung yang akan dibangun dan dua lainnya pada 2016.

"Pembangunan embung di Perbukitan Menoreh, yakni Kecamatan Kokap, Girimulyo, dan Pengasih. Tujuan pembangunan embung, yakni mengairi lahan marginal supaya dapat ditanami padi, palawija, dan taman lainnya," katanya.

Ia mengatakan tiga embung yang akan dibangun, yakni Embung Blubuk seluas 3.000 meter persegi, Embung Bogor 2.000 meter persegi di Kecamatan Pengasih, dan Embung Kalibuko di Kecamatan Kokap.

"Embung Blubuk dan Kalibuko akan dibangun Pemda DIY dan Embung Bogor oleh pemkab dengan anggaran Rp1,2 miliar. Pemkab Kulon Progo telah membebaskan lahan untuk pembangunan embung pada 2014, dan tahun ini pembangunannya," kata dia.

Selain itu, kata dia, pemkab juga akan membangun Embung Batur dan Cikli atau Ngruno pada 2016.

"Kami masih banyak menerima usulan dari masyarakat terkait pembangunan embung. Embung sangat bermanfaat bagi perkembangan pertanian di Kulon Progo," katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertan) Kulon Progo Bambang Tri Budi mengatakan Pemkab Kulon Progo bekerja sama dengan pihak ketiga telah membangun Embung Kleco (Girimulyo) dan Embung Banjaroya (Kalibawang).

Menurut dia, pembangunan embung dalam rangka Pencanangan Gerakan Pengembangan Agribisnis Kebun Teh dan Peresmian Waduk Mini Kleco dan Waduk Banjoroya.

"Embung sangat bermanfaat untuk pengairan lahan-lahan perkebunan dan mengairi lahan sawah baru," katanya.