UN SMP 2015 : Jelang UN, Sekolah di Kulonprogo Gelar Doa Bersama

02 Mei 2015 08:15 WIB Rima Sekarani Kulonprogo Share :

UN SMP 2015 di Kulonprogo, sekolah menggelar doa bersama sebagai persiapan sebelum ujian

Harianjogja.com, KULONPROGO-Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), sebanyak 179 siswa SMP Negeri 1 Wates mengikuti doa bersama, Kamis (30/4/2015).

Sebelumnya, mereka mendapatkan pembekalan dan motivasi dari kepala sekolah dan guru bimbingan konseling.

“Tadi dapat pembekalan untuk UN besok Senin. Lalu kita berdoa bersama memohon kepada Tuhan agar dilancarkan ujiannya,” ungkap Naufal Daffa, siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wates, usai mengikuti doa bersama di Masjid At-Taubat dekat sekolahnya, Kamis (30/4/2015).

Naufal mengaku optimis mampu menjalani UN dengan baik. Selain memperbanyak ibadah, dia juga rajin mengikuti les tambahan untuk empat mata pelajaran yang jadi materi UN. “Sudah ikut try out juga,” katanya.

Ungkapan serupa juga disampaikan siswa lainnya, Suci Fitria Kurniawati. “Optimis bisa. Persiapannya belajar materi ujian, doa sendiri, dan minta didoakan orang lain,” ujar Suci.

Sementara itu, salah satu guru SMP Negeri 1 Wates, Wariso mengungkapkan, doa bersama digelar sesuai agama masing-masing siswa.

Siswa beragama Islam memanjatkan doa di Masjid At-Taubat, siswa beragama Kristen melakukannya di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wates, sementara siswa beragama Katholik di Gereja Katholik Santa Maria Bunda Penasihat Baik.

“Biar hatinya tentram. Harapannya, tidak ada beban saat ujian sehingga lancar mengerjakan soalnya,” ucap Wariso.

Wariso menambahkan, banyak persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi UN pada 4-7 Mei mendatang. Selain pendalaman materi, siswa juga mengikuti tes pemantapan persiapan UN (TPPU).

“Besok setiap sehabis pulang UN, siswa juga bisa konsultasi ke guru untuk persiapan materi hari berikutnya,” paparnya.

Kegiatan serupa juga akan diselenggarakan bagi 188 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Panjatan, Sabtu (2/5/2015) besok.

“Sebelum itu juga dilakukan beberapa kali doa bersama. Tidak hanya bagi siswa, ada juga doa bersama yang khusus melibatkan orang tua,” kata Wakil Kepala Bidang Tendik dan Humas SMP Negeri 1 Panjatan.

Tahun ini, 6.167 orang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat di Kabupaten Kulonprogo. Mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.