DANA PSKS SLEMAN : Kepanasan Nunggu Presiden, 1 Warga Pingsan

Purwanto dirawat di ruang perawatan balai desa Tamanmartani, Senin (04/05 - 2015).
04 Mei 2015 18:20 WIB Sleman Share :

Dana PSKS Sleman dibagikan Presiden Joko Widodo secara langsung pagi ini. Namun karena tak kuat kepanasan saat menunggu, seorang warga mengalami kejang dan pingsan.

Harianjogja.com, SLEMAN-Seorang warga Dusun Bogem, Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Purwanto, 38, pingsan saat menunggu pembagian dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di halaman balai desa Tamanmartani, Senin (04/05/2015) pagi. Rencana, pembagian itu dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut adik Purwanto, Dwi Purnomo, 37, kejadian itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB dan posisi warga masih menunggu kedatangan Presiden beserta rombongan datang ke lokasi.

Saat itu, warga Dusun Bogem RT 1 itu datang ke lokasi pembagian PSKS sejak pukul 08.00 WIB. Ia duduk di deretan kursi paling depan dan menghadap ke timur. Karena sinar matahari yang langsung mengenai dirinya, Purwanto pun kejang dan kemudian pingsan pada pukul 09.30 WIB.

"Posisi saya juga ada di depan tapi menghadap ke utara jadi tahu waktu dia [Purwanto] kejang dan pingsan. Dia juga belum sarapan juga," kata Purnomo.

Purnomo menjelaskan jika pengalaman Purwanto kejang hingga pingsan bukan kali pertama. Saat merasa lelang, ia menuturkan kakaknya sering mengalami persoalan tersebut. Guna memberikan pertolongan pertama, Purwanto dibawa ke ruang pemeriksaan dan akhirnya dirujuk ke Puskesmas Kalasan.