UN SMP 2015 : Duh, 44 Siswa di Gunungkidul Absen di Hari Pertama UN SMP

Seorang warga binaan mengerjakan UN Kesetaraan Paket B di Lapas Anak Wonosari, Senin (4/5/2015). (David Kurniawan/JIBI - Ha
04 Mei 2015 18:19 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

UN SMP 2015 di Gunungkidul, ada 44 siswa yang absen

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Hari Pertama Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama di Gunungkidul terdapat 44 siswa yang absen.

Rinciannya 5 siswa izin karena sakit, dan sisanya sebanyak 39 murid menyatakan mengundurkan diri alias keluar dari sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan, secara umum pelaksanaan ujian di hari pertama berjalan sukses. Seluruh siswa dapat mengerjakan dengan baik, tanpa adanya kendala terhadap naskah ujian.

"Alhamdulillah aman dan lancar. Seluruh naskah juga dapat terdistribusikan dengan baik," kata Bahron, Senin (4/5/2015).

Dia menjelaskan, terdapat 44 siswa yang absen di hari pertama ujian. Rinciannya, lima orang izin karena sakit, sedangkan 39 siswa lainnya mengundurkan diri.

Disinggung mengenai penyebab, siswa mengundurkan diri, Bahron mengaku masih melakukan penyelidikan. Namun dari penelusuran awal ada siswa yang keluar karena memilih bekerja, dan ada juga menikah.

“Masih kita telusuri penyebabnya kenapa 39 siswa memilih mengundurkan diri,” ujar mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah itu.