HARIAN JOGJA HARI INI : Pembayun Calon Ratu

Harian Jogja Hari Ini Edisi Rabu Kliwon, 6 Mei 2015 (JIBI/Harian Jogja - dok)
06 Mei 2015 10:40 WIB Mediani Dyah Natalia Jogja Share :

Harian Jogja Hari Ini Edisi Rabu Kliwon, 6 Mei 2015

Pembayun Calon Ratu
JOGJA—Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang juga Gubernur DIY Sri Sultan HB X mempersiapkan putri pertamanya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun menjadi penerus takhta Kraton.

LIGA CHAMPIONS : Reuni Emosional Gurdiola
BARCELONA—Josep “Pep” Guardiola kembali ke Stadion Camp Nou. Namun kali ini dia datang sebagai musuh yang memimpin Bayern menghadapi Barcelona pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis (7/5) dini hari WIB.

SABDA RAJA : Sultan Dinilai Progresif
JOGJA—Sri Sultan HB X dianggap progresif setelah mengeluarkan Sabda Raja. Semangat kemajuan itu terlihat dalam keberanian menghilangkan gelar khalifatullah yang memberi jalan bagi perempuan menjadi penerus takhta.

BENCANA : Pipa Panas Bumi Meledak, Belasan Orang Tertimbun
BANDUNG—Satu orang warga tewas dan belasan lainnya tertimbun tanah longsor yang terjadi akibat meledaknya pipa gas geotermal (panas bumi) di Kampung Cibitung RW 15, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pipa gas milik PT Star Energy tersebut meledak sekitar pukul 14.40 WIB, Selasa (5/5).

DANA KEISTIMEWAAN : Penyerapan Danais Tak Maksimal
BANTUL—Rendahnya tingkat penyerapan dana keistimewaan (Danais) DIY di Kabupaten Bantul membuat Pemkab Bantul menggenjot program seni dan budaya. Berdasarkan data Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, pada 2014, penyerapan terhadap Danais hanya 47% dari total alokasi anggaran yang mencapai Rp12 miliar.

PERTUMBUHAN EKONOMI : Kuartal II Optimistis Lebih Baik
JAKARTA—Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua 2015 akan lebih baik dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, karena sudah dapat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendanai sejumlah proyek infrastruktur.

KEPALA DUSUN : Kadus Tak Lagi Pilih Langsung
WONOSARI—Pengisian jabatan kepala dusun (Kadus) tak lagi pemilihan langsung tetapi lewat seleksi yang dilakukan pemerintah desa atas pertimbangan kabupaten.

KORUPSI PLN : Nanang Dijebloskan ke Wirogunan
JOGJA-Mantan Manajer Area PLN Jogja Nanang Subuh Isnandi resmi ditahan pasca-pelimpahan berkas pemeriksaan tahap kedua di Kejaksaan Negeri Bantul, Selasa (5/5). Subuh yang sudah menyandang status tersangka kasus dugaan korupsi renovasi gedung PLN di Jogja selama 1,5 tahun dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wirogunan.

KERUSAKAN INFRASTRUKTUR : Distribusi Raskin sampai Tersendat
WATES—Distribusi beras untuk warga miskin (raskin) di wilayah Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh tersendat akses jalan yang rusak akibat banjir dua pekan lalu.

Kisruh Sepak Bola : FIFA Ultimatum Indonesia
JAKARTA - FIFA memberikan ultimatum terkait kisruh sepak bola nasional. Federasi sepak bola dunia itu mengimbau agar sebelum tanggal 29 Mei PSSI dan Kemenpora harus bertemu dan pemerintah harus mencabut pembekuan.

KRIMINALITAS : Mobil Terperosok, Komplotan Perampok Digulung
SLEMAN—Polsek Berbah menangkap tiga orang anggota komplotan perampok yang baru saja beraksi di Dusun Kalongan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, belum lama ini. Perampok kelompok Cirebon ini berhasil tertangkap setelah mobil yang mereka gunakan terperosok ke dalam parit tak jauh dari lokasi perampokan.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja edisi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga
Rp3.000 di agen terdekat.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, Membangun Kemandirian.