LALU LINTAS JOGJA : Dorong Gaya Berkendara Aman, Astra Bangun Safety Riding Center

Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Suwito (kanan) berbincang dengan Senior Manager PT Astra Honda Motor Judhy Goutama, di sela-sela pelaksanaan Ekspedisi Nusantara Roadshow, di Surabaya, Sabtu (14/6/2014). Kegiatan yang digelar PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai distributor utama motor Honda untuk wilayah Jatim dan NTT tersebut menempuh jarak 8.233 km dengan melintasi tiga pulau, yakni Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. (Wahyu Darmawan/JIBI - Bisnis)
10 Mei 2015 22:20 WIB Jogja Share :

Lalu lintas Jogja diharapkan kian kondusif dengan berdirinya Safety Riding Center senilai Rp10 miliar.

Harianjogja.com, JOGJA—Main dealer sepeda motor PT Astra Motor Indonesia meresmikan fasilitas terbarunya berupa Safety Riding Center di Jogja, Jumat (8/5/2015) di Jalan Jendral Sudirman Kota Jogja. Pembangunan kawasaan ini adalah wujud komitmen perusahaan motor terbesar di Indonesia ini dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara bagi masyarakat.

Chief Executive Astra Motor, Sigit Kumala mengatakan, jumlah pengendara sepeda motor terus meningkat secara signifikan. Namun, hal ini tidak dibarengi dengan kesadaran pengendara untuk menjalankan prinsip keselamatan.

“Kami sebagai produsen sudah menambahkan fitur-fitur keselamatan dalam produk. Namun sering fitur-fitur ini hanya dianggap sebagai hiasan dan tidak pernah digunakan pengendara, bahkan ada yang belum paham manfaatnya,” jelas Sigit disela-sela acara peresmian.

Astra Motor untuk membuka kawasan ini mengeluarkan dana hingga Rp10 miliar untuk membuat fasilitas safety center pertama di Indonesia ini. Berdiri di atas lahan seluas 1.792 meter persegi, Safety Riding Center memiliki beberapa fungsi, di antaranya Honda Riding Trainer, internet corner, beberapa ruang kelas berkapasitas hingga 30 orang hingga community space.

“Kami menyadari, diperlukan tempat khusus sebagai pusat pelatihan berkendara secara aman bagi segala usia. Maka itu, Safety Riding Center ini kami hadirkan untuk mengedukasi budaya aman berkendara pada masyarakat,” tambah Sigit.

Kehadiran fasilitas ini sebenarnya kelanjutan dari program kampanye bertajuk Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas. Program ini dicetuskan PT Astra International bersama Kepolisian Republik Indonesia pada tahun lalu.

Safety Riding Center dikonsep terbuka untuk masyarakat umum dari berbagai latar belakang usia dan pekerjaan. Mulai dari kalangan orang dewasa, karyawan, mahasiswa, hingga pelajar dan siswa taman Kanak-kanak (TK).

“Kami ingin mengedukasi cara berkendara yang aman dan mengutamakan keselamatan sejak usia dini,” lanjut Sigit.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi pembangunan pusat training oleh Astra Motor. Adanya fasilitas ini diharapkan bisa turut mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang dialami pengendara motor.

“Sebab angka kematian akibatkecelakaan padatahun 2010 silam sudah mencapai 31.236, itu artinya di Indonesia ada 89 orang meningkat dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Makanya diharapkan Safety Riding Center ini mampu memberikan sumbangan agar angkat kecelakaan bisa minim,” kata Condro Kirono.

Kapolda DIY Brigjen Erwin Triwanto dalam sambutan yang disampaikan Wakapolda DIY Kombes Imam Sugianto mengatakan pada Febuari hingga April 2015 ada 796 kejadian kecelakaan. Sedangkan korban meninggal dunia ada 36 orang, luka berat 12 orang dan luka ringan 1109 orang, kerugian materi Rp441 juta.